Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Masih Protes karena Jalan Rusak Hanya Ditambal, Wali Kota Malang: Ini Masih Tahap Awal

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - May - 2019, 13:54

Placeholder
Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Proses pembenahan jalan rusak dan berlubang di Kota Malang masih menuai protes dari warga. Karena dalam tahap pembenahan yang dilakukan sejak Senin (6/5/2019) malam itu, tampak beberapa jalanan masih sebatas ditambal.

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menjelaskan, proses pembenahan jalan rusak tersebut memang harus melalui beberapa tahapan. Salah satunya adalah penambalan terlebih dulu, sebelum akhirnya dilakukan penyelesaian secara menyeluruh dengan cara dihotmix.

"Masyarakat harus paham, ini menjadi salah satu proses sebelum akhirnya dihotmix," katanya saat ditemui di Balai Kota Malang, Selasa (7/5/2019).

Setelah ditambal, maka akan dilakukan tahap uji lab berkaitan dengan kualitas aspal yang digunakan tersebut. Setelah dinilai memenuhi kualifikasi, maka akan langsung dilanjutkan dengan proses hotmix secara menyeluruh.

"Kalau langsung dihotmix sekarang itu nanti jadinya ngelontok. Karena harus ada uji lab dulu untuk mengetahui kepadatan hingga kontur jalan di sana juga," tambah pria berkacamata itu.

Lebih jauh dia menjelaskan, pembenahan ruas jalan rusak tersebut sepenuhnya menggunakan APBD 2019. Anggaran itu sesuai dengan yang disiapkan setelah lelang berhasil dilakukan. Secara bertahap, sekitar 70 titik akan dibenahi.

"Kami tidak lakukan diskresi, tapi ini anggaran murni setelah lelang berhasil. Karena sebelumnya memang ada beberapa paket yang gagal lelang. Salah satunya seperti di Jl. Candi Panggung," urainya.

Sementara itu, berdasarkan perencanaan, dalam tahap awal ini Pemkot Malang akan membenahi beberapa titik yang dinilai paling membutuhkan sentuhan. Diantaranya adalah Jl.  Ir.  Rais, Jl. Kahuripan, Jl.  Mayjen Panjaitan,  Jl.  Zaenal Zakse - Jl.  Muharto, Jl.  Kebalen Wetan, Jl.  Aris Munandar.

Kemudian Jl.  Untung Suropati Utara - Untung Suropati Selatan, Jl.  Ade Irma Suryani - Jl.  Pasar Besar, Jl.  Kh.  Ahmad Dahlan, Jl. Bunga Cengkeh - Jl.  Kalpataru, Jl.  S.  Supriadi, dan Jl. WR.  Supratman. Pengerjaan sudah dimulai pada Senin (6/5/2019) kemarin malam di dua titik, yaitu Jl. Ir Rais dan Mayjend Panjaitan. 


Topik

Peristiwa malang berita-malang Wali-Kota-Malang pembenahan-jalan-rusak-dan-berlubang Balai-Kota-Malang Jl.-Ir.-Rais Jl.-WR.--Supratman



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni