Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Delapan Perbankan Secara Bersamaan Gelar Penukaran Uang

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - May - 2019, 19:15

Placeholder
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (baju hitam) secara simbolis menukarkan uang. (Eko Arif S /JatimTIMES)

Setiap tahun saat menyambut hari raya Idul Fitri masyarakat berbondong-bondong menukarkan uang pecahan dengan uang yang baru. Penukaran uang baru sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia.

Untuk mengantisipasi antrian penukaran uang, Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Kediri telah siap sedia melayani dan membuka kas keliling.

Untuk itu Bank Indonesia Kediri menggelar pelayanan kas keliling bersama delapan perbankan di area Simpang Lima Gumul Kediri, Sabtu (18/5/19) sore.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang hadir dalam acara tersebut, secara simbolis menukarkan uang di mobil pelayanan khas keliling Bank Indonesia. Wali kota yang akrab disapa Mas Abu ini juga berbincang secara langsung kepada masyarakat yang mengantri untuk menukarkan uang.

Mengenai penukaran uang tersebut, Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Kediri Musni Hardi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan layanan penukaran uang yang sudah dilakukan Bank Indonesia Kediri sejak tanggal 7 Mei 2019.

"Sebenarnya untuk penukaran uang kas keliling ini masih ada sampai tanggal 28 Mei. Jadi masih ada tujuh kali lagi penukaran melalui kas keliling yang berbarengan dengan OPM di setiap kantor kelurahan di Kota Kediri," ujarnya.

Musni Hardi menjelaskan untuk penukaran uang ini disediakan 100 paket setiap mobil layanan khas keliling. Dengan nominal penukaran paling banyak Rp 3,7 juta tiap penukar.

"Untuk paketnya sama seperti yang kita lakukan bersamaan dengan OPM di kelurahan yakni 100 paket. Kalau ada yang belum kebagian nanti bisa menukarkan lagi di tujuh kas keliling yang tersisa," jelasnya.

Selain pada kas keliling, Musni Hardi menambahkan masyarakat bisa menukarkan uang di kantor cabang bank di Kediri. Penukaran ini hanya dilayani pada hari tertentu saja, yaitu hari Selasa dan Kamis saja di jam kerja antara pukul 09.00-10.00 WIB.

"Masih banyak waktu untuk menukarkan. Saya lihat tadi juga tidak semua menukarkan satu paket ada yang hanya setengahnya. Kalau ada sisa bisa dialokasikan. untuk teman-teman yang belum kebagian," imbuhnya.

Sementara itu, Bambang salah satu masyarakat yang ikut menukarkan uang merasa senang karena Bank Indonesia telah melakukan pelayanan penukaran uang dengan kas keliling. Dengan adanya layanan ini, menurutnya masyarakat terbantu karena jauh lebih mudah. Masyarakat tidak lagi pergi ke bank.

"Saya sebagai warga Kediri merasa senang. Jadi masyarakat tidak perlu tukar di bank maupun di jalan yang ada pungutannya. Semoga kedepan lebih baik lagi sehingga antriannya tidak berjubel," ungkap warga Kelurahan Semampir ini.

Untuk diketahui delapan perbankan yang berpartisipasi dalam penukaran kas keliling hari ini, yakni, Bank Indonesia, BCA, Bank Jatim, Bank Jatim Syariah, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BRI Syariah, dan BNI.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Direktur BI Kediri Nasrullah dan perwakilan dari perbankan Kediri.


Topik

Ekonomi kediri berita-kediri Gelar-Penukaran-Uang menukarkan-uang-pecahan menyambut-hari-raya-Idul-Fitri Wali-Kota-Kediri Abdullah-Abu-Bakar Bank-Indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Sri Kurnia Mahiruni