Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Unisba Blitar Gelar Bedah Buku ‘Muhammad SAW The Super Leader Super Manager’

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

20 - May - 2019, 19:52

Placeholder
Bedah buku Muhammad SAW The Super Leader Super Manager di Unisba Blitar berjalan sukses.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar  menggelar bedah buku berjudul “Muhammad SAW The Super Leader Super Manager” di Kampus 1 Unisba Blitar, Jalan Mojopahit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin (20/5/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan budaya literasi di lingkungan kampus serta meneladani sifat-sifat Rasulullah.

Buku ini menyajikan kisah Nabi Muhammad SAW dari aspek kepemimpinan dan management, dua aspek yang juga dialami seluruh manusia. Dari buku ini pembaca bisa melihat bahwa sebagai seorang pemimpin, Nabi Muhammad  memiliki kemampuan leadership dan managerial yang luar biasa.

“Hari ini kita bedah secara lengkap sifat-sifat Rasulullah dari sisi kepemimpinan, management, entrepreneurship, dakwah hingga karir militernya. Harapan kami mahasiswa dan kaum muda bisa memahami sifat Rasul dari sisi ilmiah dan religi,” ungkap Wakil Rektor 1 Unisba Blitar Bidang Akademik, Dr Supriyono yang bertindak sebagai narasumber bedah buku. 

Buku yang ditulis Dr Muhamamd Syafii Antonio ini menjelaskan, Nabi Muhammad SAW menghasilkan akhir kisah yang ideal bukan tanpa rintangan dan kegagalan. Buku ini secara tegas memotret rintangan dan kegagalan itu seringkali merongrong perjalanan hidup Rasulullah jauh lebih banyak daripada kita sekarang. Namun semua permasalahan itu berhasil Rasulullah atasi karena kemampuan memimpin yang luar biasa serta kemampuan managemen Beliau yang sangat profesional.



“Harapan kami dengan bedah buku ini mahasiswa terinspirasi untuk terus belajar mengenali dan meneladani contoh-contoh baik dari Rasulullah,” sambungnya.

Lebih dalam Supriyono menjelaskan, Ilmu kepemimpinan dan managerial Nabi Muhammad SAW sangat relevan dengan ilmu leadership dan management modern yang ada sekarang, khususnya kewirausahaan. Dengan demikian Muhammad sebenarnya telah beberapa abad lebih awal dalam menerapkan ilmu leadership dan management dimana umat manusia baru menerapkannya beberapa abad sepeninggal beliau.

Meski demikian patut diakui, hingga kini masih belum ada kemampuan kepemimpinan dan managerial pemimpin yang menandingi kemampuan Rasulullah. ilmu leadership dan management dari Nabi Muhammad SAW patut untuk diadopsi guna membangun peradaban yang maju.

“Dari buku ini kita bisa melihat bagaimana seorang Rasul itu memiliki sifat yang visioner, memiliki ketangguhan yang bagus, kreatifitas dan tanggung jawab yang bagus. Dan tentunya empat sifat dasar Rasul itu yakni jujur, amanah, cerdas dan bijaksana,” tandasnya.

Acara yang dihelat di Kampus 1 Unisba Blitar ini merupakan salah satu rangkaian acara Semarah Ramadan yang digelar kampus terbesar di Blitar Raya ini. Bedah buku yang dihadiri peserta dari kalangan mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum ini turut diisi dengan Hadrah El Salma dan sholawatan.(*)


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar Universitas-Islam-Balitar-(Unisba)-Blitar menggelar-bedah-buku “Muhammad-SAW-The-Super-Leader-Super-Manager” kisah-Nabi-Muhammad-SAW kemampuan leadership dan managerial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Moch. R. Abdul Fatah