Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Warga Kota Malang Berburu Baju Bekas Seharga 5 Ribu

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Yunan Helmy

27 - May - 2019, 12:11

Placeholder
Masyarakat tengah berburu baju bekas layak pakai di Pasar Murah Ramadan di kawasan Stadion Gajayana Malang. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Salah satu tradisi saat momen Lebaran adalah membeli baju baru. Sehingga tak heran, menjelang hari kemenangan itu, masyarakat selalu memburu pakaian terbaik. Namun, bukan hanya baju baru. Baju bekas pun selalu menjadi buruan masyarakat.

Seperti di Kota Malang, Senin (27/5/2019) pagi tadi, ratusan warga tampak menyerbu stan baju bekas milik Dharma Wanita dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Malang yang sengaja menjual baju bekas di acara Pasar Murah Ramadan di halaman Stadion Gajayana.

"Mudah-murah Mbak bajunya, cuma Rp 5 ribu saja," kata warga Kecamatan Sukun, Asih, saat memilah baju bekas.

Dia menyampaikan, setiap tahun memang sengaja mencari baju bekas yang dijual di Pasar Murah Ramadan. Selain memang masih banyak barang bagus yang dijual dengan harga miring, juga dikarenakan membeli baju bekas tidak hanya sekedar membeli, melainkan bisa melakukan sedekah atau donasi dengan cara membeli. Dari informasi yang dia dapat, uang hasil penjualan baju bekas tersebut sepenuhnya akan didonasikan kepada pihak yang membutuhkan.

"Karena donasinya disalurkan ke mana kan sudah jelas. Jadi, saya dapat baju yang masih layak pakai, tapi juga ikut serta meringankan beban orang lain yang lebih membutuhkan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita dan GOW Kota Malang Endang Purnawi Wasto menambahkan, ribuan baju bekas layak pakai tersebut diperoleh dari unit pelaksana (UP) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Malang dan juga dari organisasi yang tergabung dalam GOW.

"Untuk Dharma Wanita kami kirim surat ke UP OPD untuk kumpulkan baju bekas. Kalau GOW didapat dari banyak organisasi seperti IDI," kata perempuan berhijab itu.

Dia menyampaikan, hasil penjualan baju bekas layak pakai tersebut akan didonasikan sepenuhnya meluk kegiatan  Dharma Wanita dan GOW. Salah satunya bakti sosial untuk lansia produktif di Kampung Topeng, yang rencananya akan digelar pada pekan ini. "Bentuk donasi yang lain juga seperti pembagian takjil bagi warga yang membutuhkan," imbuhnya.

Lebih jauh istri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto ini menyampaikan, ribuan baju bekas layak pakai itu dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 1.000 sampai paling mahal Rp 15 ribu. Di hari ke dua pasar murah, harga akan diobral lebih murah lagi.

"Antusias masyarakat sangat luar biasa. Kami juga sangat senang bisa membantu masyarakat yang membuahkan baju dan di sisi lain masyarakat juga senang karena membeli sembari berdonasi," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa malang berita-malang Gabungan-Organisasi-Wanita Pasar-Murah-Ramadan Stadion-Gajayana organisasi-perangkat-daerah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Yunan Helmy