Wali Kota Malang Sutiaji saat membuka pelatihan Manasik Haji oleh Kemenag Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat membuka pelatihan Manasik Haji oleh Kemenag Kota Malang (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

Buka pembinaan manasik haji, Wali Kota Malang Sutiaji minta Kementerian Agama (Kemenag) data kebutuhan calon jamaah haji. 

Terutama untuk kebutuhan transportasi yang memang banyak dibutuhkan saat proses mendekati ibadah haji.

Pria berkacamata itu menyampaikan, setiap kebutuhan yang telah terdata itu nantinya diharapkan bisa disampaikan kepada Pemerintah Kota Malang. 

Kemudian dapat diajukan dalam APBD Kota Malang. Sehingga, kebutuhan lara calon jamaah haji bisa terpenuhi dan sesuai dengan fasilitas gang dibutuhkan.

"Saya harap segera diinventarisir apa saja kebutuhannya untuk kemudian bisa dianggarkan," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima MalangTIMES, Sabtu (15/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Sutiaji juga berpesan agar para calon jamaah haji dapat mengikuti  proses rangkaian manasik secara keseluruhan. 

Sehingga nantinya saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci sudah tidak lagi mengalami kesulitan.

"Terus memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan tubuh juga penting dilakukan saat menjelang hari keberangkatan jika tubuh kita sehat maka ibadah kita juga akan lebih khusyuk," tutur Sutiaji.

Ia juga menitipkan pesan kepada Kemenag Kota Malang agar melakukan tugasnya dalam melayani calon jamaah haji Kota Malang dengan baik.

Bimbingan manasik Calon Jamaah Haji yanh digelar Kemenag Kota Malang tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 

Tak sendiri, Wali Kota Malang, Sutiaji juga didampingi Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji.