Penumpang kereta api mendapatkan souvenir balon merah putih saat program promo tiket gratis. (Foto: Daop 8 Surabaya for MalangTIMES)
Penumpang kereta api mendapatkan souvenir balon merah putih saat program promo tiket gratis. (Foto: Daop 8 Surabaya for MalangTIMES)

Program bagi-bagi tiket gratis yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada peringatan HUT ke-74 RI, 17 Agustus lalu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terdata ada 19.530 penumpang yang memanfaatkan tiket Rp 0 untuk melakukan perjalanan liburan di wilayah Jawa Timur.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengungkapkan bahwa promo tiket gratis tersebut membuat jumlah penumpang signifikan. Biasanya, baik untuk kereta jarak jauh, menengah maupun lokal jumlah penumpang mencapai sekitar 12 ribu orang per hari.

"Tingginya antusias masyarakat dalam menggunakan layanan promo gratis dapat terlihat dari data jumlah penumpang KA Lokal / KA Komuter PSO yang naik mencapai angka 19.530 penumpang," terangnya. 

Promo gratis selama sehari ini, langsung mendapat respon positif dari masyarakat Jawa Timur dengan melakukan perjalanan ke sejumlah tempat wisata dengan kereta api. "Total ada 40 stasiun dan tempat shelter yang melayani penumpang. Paling banyak melalui Stasiun Surabaya Gubeng 3.034 penumpang, Kotabaru Malang 2.032 penumpang dan Wonokromo 1.965 penumpang," urainya.

Selain menyelenggarakan program promo gratis bagi KA Lokal/ KA Komuter PSO, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya juga menyelenggarakan berbagai acara hiburan di stasiun. Di antaranya acara menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membacakan teks proklamasi kemerdekaan di atas beberapa perjalanan kereta api jarak jauh yang melintas di wilayah Daop 8 Surabaya pada pukul 08.00 WIB. 

Berbagai acara hiburan dari perlombaan rakyat, musik hiburan, hadirnya manusia robot merah putih, hingga pembagian berbagai souvenir menarik dan bendera merah putih secara gratis kepada para penumpang di tanggal 17 Agustus 2019 telah dilakukan oleh jajaran front linear PT KAI Daop 8 Surabaya dalam menyemarakan pesta rakyat tahunan ini.

"Diharapkan dengan berbagai kegiatan tersebut, bisa semakin menyemarakkan perayaan HUT RI ke-74, sekaligus bisa menjadi momentum bagi membangkitkan semangat kepahlawanan serta menghormati jasa- jasa para pejuang yang rela berkorban demi kemerdekaan negeri ini," harapnya. 

Dengan respon positif dari masyarakat tersebut, akan menjadikan pertimbangan khusus bagi pihak management. "Melihat antusiasme yang tinggi, management mempertimbangkan untuk promo gratis ini sebagai agenda rutin tahunan yang akan selalu diselenggarakan di dalam memperingati HUT RI di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya," pungkasnya.