Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Festival Enggrang Bukan Sekadar Budaya, tapi Komunikasi Perdamaian Dunia

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Heryanto

21 - Sep - 2019, 18:06

Placeholder
Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat disambut peserta Festival Egrang di Tanoker Ledokombo (foto : Izza / Jatim TIMES)

Festival Egrang yang digelar oleh komunitas Tanoker di Kecamatan Ledokombo Jember setiap tahun sekali, tidak hanya menjadi kegiatan berkebudayaan yang bertumbuh dari masyarakat. 

Tapi kehadiran Festival Egrang ini juga menjadi sarana komunikasi perdamaian di dunia.

“Saya melihat Festival Egrang ini bukan hanya festival budaya biasa, tetapi budaya sebagai sarana untuk mengomunikasikan perdamaian di dunia, karena festival ini juga sudah mendunia,” kata Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, Sabtu (21/9/2019) saat menghadiri Festival Egrang ke sepuluh.

Bukan tanpa alasan, selain menjadi ajang sarana komunikasi forum anak Jember dengan forum anak di luar Jember, seperti dari Malang, Jawa Barat, Tangerang, Tulungagung, dan Probolinggo berbahagia bersama di momen ini, banyak juga wisatawan dari luar negeri yang menikmati festival ini

“Partisipasinya luar biasa, komunitas anak dari luar Jember meningkat. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada anak-anak, tidak hanya anak-anak di kota tetapi juga di pelosok,” imbuh Bupati.

Kebahagiaan anak-anak yang terlibat dalam festival menjadi tolok ukur tersendiri untuk menilai keberhasilan pelaksanaannya. 

“Saya menyaksikan anak-anak disini semua bahagia,” kata Bupati.

Anak-anak yang berpartisipasi menunjukkan karyanya. Seperti lukisan yang sarat pesan. Dari lukisan mereka ada pesan harapan mereka.

“Terlihat mereka menginginkan desanya damai, tempatnya bersih dan tetap hijau, serta punya taman yang bisa dinikmati bersama keluarga dan taman bermain anak-anak,” urai Bupati.

Bupati menyatakan, festival egrang ini telah menjadi kegiatan tahunan resmi Pemerintah Kabupaten Jember. 

Kegiatan yang diselenggarakan komunitas Tanoker bersama Pemkab Jember ini sudah mendunia. 

“Orang mengenal Jember bukan hanya JFC-nya. Mereka juga mengenal Jember karena festival egrangnya,” kata Bupati dalam sambutan pembukaan festival.

Sementara itu, Direktur Tanoker Ledokombo, Dr. Ir. Suporahardjo, menyampaikan, festival egrang ke-10 ini mengusung tema “Memuliakan Desa Yang Damai.” 

Ada 20 defile, yang terdiri dari peserta lokal dan peserta tamu.

“Semoga ini membuat anak-anak mencintai desanya, dan nanti memakmurkan desanya ketika sudah dewasa. Dan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Jember,” ucap pria yang akrab disapa Supo ini. (*)


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya jember-brita-jember Bupati-Jember-dr.-Hj.-Faida-MMR Festival-Egrang-di-Jember komunitas-Tanoker kegiatan-kebudayaan-di-Jember



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Heryanto