Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

DLH Kota Blitar Dorong Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

25 - Sep - 2019, 20:51

Placeholder
Kepala DLH Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi

Masalah lingkungan merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. Fokus masalah ini muncul karena semakin hari bumi yang merupakan tempat tinggal manusia semakin tidak nyaman untuk ditinggali.

Dewasa ini bumi tempat tinggal manusia mulai tampak sebagai tempat pembuangan sampah yang besar. Masalah ini disebabkan karena hadirnya budaya ‘membuang’ barang yang cepat disingkirkan yang hampir terjadi setiap waktu.

Masalah lain adalah Berbagai macam bentuk eksploitasi terhadap alam dilakukan dengan tidak bertanggung jawab, seperti pembakaran hutan dalam skala yang sangat besar, penebangan pohon secara sembarangan, sampah yang menumpuk dan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan habitat ikan itu sendiri.

Akibat ulah orang-orang tertentu yang tidak bertanggung jawab tersebut mengakibatkan sumber daya alam menjadi cepat habis, habitat SDA menjadi rusak, dan ekosistem menjadi tidak stabil. Tindakan tersebut tanpa disadari manusia sedang menghancurkan peradabannya sendiri.

Menyadari bahaya ancaman kerusakan lingkungan tersebut, Pemkot Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendorong seluruh lembaga pendidikan di Kota Blitar untuk memasukkan tema cinta lingkungan ke semua mata pelajaran. “Tema lingkungan sangat penting diketahui sejak dini, agar generasi muda dan generasi penerus Kota Blitar mampu menyelamatkan kotanya dari gangguan pencemaran, sampah dan menjaga estetika Kota,” ungkap Kepala DLH Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi dilansir BLITARTIMES dari situs resmi Pemkot Blitar, Kamis (25/9/2019).

Dikatakannya, tema cinta lingkungan bisa dimasukkan ke semua mata pelajaran, baik bidang umum, khusus maupun minat. Materi yang diberikan juga tidak perlu masuk dalam kurikulum bahan mengajar, tetapi lebih ke ajakan dan himbauan. Siswa Sekolah saat ini dinilai menjadi motor penggerak utama yang menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan. Selain karena Sekolah mereka sudah Adiwiyata, anak-anak biasanya akan langsung mempraktikkan di rumah, bersama teman, tetangga maupun orang tua.

“Kami sudah sejak lama mengimbau semua sekolah, baik SD/MI, SMP/Mts maupun SMA/SMK dan MA, baik yang Adiwiyata maupun yang belum Adiwiyta, agar mau peduli lingkungan. Jika generasi penerus kita sudah tertanam jiwa cinta lingkungan, bukan tidak mungkin kedepan Kota Blitar akan mendapat generasi emas yang peduli lingkungan, cinta kebersihan dan mau berjuang demi mewujudkan Kota Blitar yang berwawasan lingkungan,” tegas dia.

Untuk menanamkan semangat kebersihan dan memantapkan jiwa menjaga lingkungan sejak dini, DLH Kota Blitar rutin menggelar sosialisasi ke Sekolah, menggelar lomba kebersihan, lomba kreatifitas lingkungan sampai dukungan ke Sekolah yang menuju Sekolah Adiwiyata.” Sejak kecil memang harus diberitahu, agar saat dewasa mereka hafal bagaimana menjaga lingkungan yang baik dan benar,” pungkasnya.(*)


Topik

Lingkungan blitar berita-blitar DLH-Kota-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya