Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

AKBP Roni Ajak Santri Tangkal Radikalisme di Kediri

Penulis : Bambang Setioko Kediri TIMES - Editor : Heryanto

22 - Oct - 2019, 18:22

Placeholder
AKBP Roni Ajak Santri Tangkal Radikalisme di Kediri. (Foto: Istimewa)

Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Kediri menggelar apel bersama untuk memperingati hari santri nasional yang jatuh pada 22 Oktober. 

Dalam apel bersama ini, ada pertunjukkan seni bela diri dan atraksi ilmu kebal oleh para santri yang tergabung dalam perguruan silat Pagar Nusa.

Apel ini berlangsung di Lapangan Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Seluruh santri mengenakan sarung  dan peci. 

Apel dipimpin oleh Bupati Kediri Hj Hariyanti dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kediri dan pengurus pondok pesantren di Kabupaten Kediri.

Dalam apel bersama ini dibacakan ikrar Santri Indonesia. Ikrar tersebut berisi tentang kesetiaan santri kepada Bangsa Indonesia. 

Apel sendiri berjalan seperti pada umumnya pembacaan pancasila, pembukaan undang-undang dasar tahun 1945 dan diakhiri menyanyikan lagu yalal waton. 

Di akhir apel, pertunjukkan seni bela diri dan atraksi ilmu kebal oleh para santri yang tergabung dalam perguruan silat Pagar Nusa.

Hj. Hariyanti mengungkapkan, Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. 

Pesantren merupakan tempat menyemai ajaran agama islam Rahmatanlilalamin. 

Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi perdamaian dunia.

"Dalam kesempatan ini marilah kita bersama-sama mengenang jasa para santri merebut kemerdekaan, melawan para penjajah dan menjadi garda terdepan," ungkap Bupati Kediri.

Sementara itu kepolisian menitipkan pesan santri sebagai pilar bangsa untuk hati- hati di tengah gencarkan peredaran informasi hoax dan kejahatan ITE. 

Sesuai dengan tema tahun ini "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia" AKBP Roni mengajak para santri untuk bergandeng tangan menangkal paham radikalisme.

“Sesuai dengan tema tahun ini Santri Indonesia Untuk Perdamaian dunia, mari bersama kita perangi radikalisme untuk kedamaian dunia, khususnya NKRI,” tegas Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal. 


Topik

Profil kediri-brita-kediri Polres-Kediri hari-santri-nasional hari-santri-di-Kediri ragam-budaya-Indonesia ajaran-agama-islam-Rahmatanlilalamin Bupati-Kediri Lapangan-Canda-Bhirawa-kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko Kediri TIMES

Editor

Heryanto