Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Sasar Tempat Hiburan, BNNK Amankan 1 Orang Terindikasi Konsumsi Benzodiazepin

Penulis : Joko Pramono - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Dec - 2019, 13:36

Placeholder
Petugas saat melakukan tes urine pada pengunjung dan karyawan tempat karaoke. (Foto: Joko Pramono/Jatim Times)

TULUNGAGUNGTIMES - Badan  Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tulungagung kembali melalukan operasi Tulungagung Bersinar (Bersih Narkoba), Sabtu (7/12/19) malam. Personel gabungan dari BNNK, Kepolisian, Denpom dan Satpol PP menyasar tempat hiburan, cafe dan karaoke di Tulungagung.

Dari 70 orang yang diperiksa urinenya di 4 tempat hiburan, petugas mengamankan 1 orang yang terindikasi positif mengkonsumsi  Benzodiazepin. Benzodiazepin adalah jenis obat yang memiliki efek sedatif atau menenangkan.

"Satu saja yang positif Benzodiazepin, kita bawa ke kantor kita assessment dan akan kita kembangkan," ujar Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Sudirman, Minggu (8/12/19) dini hari selepas razia.

Dari pengakuan US, pria yang terindikasi positif menggunakan Benzodiazepin pada petugas BNNK, dirinya mengkonsumsi obat batuk dan obat-obatan lainya.

Namun petugas tak begitu saja percaya dengan penuturan US. Bahkan untuk lebih meyakinkan, petugas memeriksa urine US hingga 2 kali. Hasilnya sama dengan tes urine pertama, terindikasi Benzodiazepin.

Di salah satu tempat karaoke, pihak BNNK sempat mencurigai seorang pria yang terburu-buru meninggalkan lokasi saat petugas datang. Pihaknya lalu memeriksa CCTV untuk mencari tahu identitas orang tersebut.

Ada dugaan operasi telah bocor, sehingga orang yang dicurigai memperoleh informasi terkait razia ini.

"Operasi seperti ini cenderung bocor, namun kita tidak akan mundur sedikit pun," tegas Sudirman.

Operasi serupa akan terus dilakukan, tak hanya di akhir tahun. Namun juga di sepanjang tahun hingga Tulungagung benar-benar bersih dari narkoba.

Dalam razia gabungan ini, juga ditemukan 4 pelajar yang berada di tempat karaoke Dinasty di Jalan Panglima Sudirman hingga dini hari. 3 siswi dan 1 siswa itu kedapatan di dalam ruangan karaoke.

Ke 4 pelajar itu lalu didata dan dilakukan pembinaan oleh anggota Satpol.

"Identitas sudah catat semua, besok kita telusuri ke pihak sekolah," ujar Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Tulungagung, Agung Setyo Widodo.

Disinggung tentang aturan yang membolehkan anak di bawah umur masuk ke tempat karaoke, Agung tegaskan pihak karaoke seharusnya melarang.

"Nanti kita peringatkan juga dari manajemen Dinasty," tutur Agung.

Sebelumnya juga telah dilakukan operasi serupa dengan sasaran tempat kos pada Kamis (28/11/19) lalu.

Hasilnya petugas berhasil mengamankan 2 orang pengguna sabu-sabu. Dari hasil pengembangan, dapat diamankan bandar sekaligus kurir sabu-sabu. Saat ini kasus tersebut sedang dalam proses hukum.

 


Topik

Hukum dan Kriminalitas tulungagung berita-tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Nurlayla Ratri