Salah satu pemateri dalam kegiatan sosialisasi dan klinis PKM tahun 2019 di Unikama (Unikama for MalangTIMES)
Salah satu pemateri dalam kegiatan sosialisasi dan klinis PKM tahun 2019 di Unikama (Unikama for MalangTIMES)

Mengejar target masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada 2020, Unikama mengelar sosialisasi dan klinis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019. Kegiatan diikuti oleh 180 an peserta yang terdiri dari dosen maupun mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi dan klinis PKM tahun 2019 tersebut, menghadirkan reviewer Nasional Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA dan Dr. Widyo Winarso, M.Pd ini berlangsung di Auditorium Multikultural (9/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dari masing-masing Program Studi (Prodi) juga diharuskan membawa proposal yang sebelumnya sudah dibuat untuk langsung dikliniskan terhadap reviewer nasional yang berasal dari Universitas Brawijaya tersebut.

"Kami dari kemahasiswaan, sebelum kegiatan sudah menginformasikan pada peserta untuk menyiapkan proposal, sehingga sewaktu ada kegiatan seperti ini sudah siap, sehingga tidak hanya diam dan mendengarkan, namun juga mengerjakan, sehingga bila nantinya ada revisi, bisa langsung dikerjakan," jelas Kabiro Kemahasiswaan Unikama Ayu Ashma M. Pd.

Ia juga menyampaikan, jika tahun 2019 dari Unikama lolos sebanyak empat proposal yang mendapat pendanaan dari Kemenristek Dikti dari 29 proposal yang diajukan. Sehingga dari sini terdapat peningkatan presentase dari tahun sebelumnya.

"Kalau tahun kemarin, ada delapan proposal yang dapat pendanaan. Tapi proposal yang diajukan ada sekitar 120-an, kalau dilihat dari prosentase ya bagus kemarin ini. Tujuannya kita jauh lebih banyak lolos pendanaan. Tahun depan minimal lolos PIMNAS, saya nggak minta banyak-banyak, minimal dua saja. Prioritas tahun 2020 kita lolos PIMNAS," paparnya

Mengenai kendala yang selama ini dialami, adalah permasalahan mitra. Biasanya, setelah mendapatkan satu tema, namun disisi lain kesulitan dalam mendapatkan mitra. Selain itu, juga permasalahan administrasi.

"Kadang ada yang menganggap enteng administrasi. Kadang pengunggahan terakhir belum ada mitra, nah itu kadang yang membuat mereka berhenti. Makanya disini kemarin sebelum menyusun cari mitra dulu, kemudian konsepmu apa, paparkan disana. Karena di penilaian Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) administrasi nomor satu. Ketika judulnya bagus, tetap nggak bisa pasti akan dibuang," ungkapnya. 

Sementara itu, untuk bidang-bidang dalam PKM yang menjadi arahan dalam PKM 2020, di antaranya seperti PKM gagasan tertulis, PKM artikel ilimiah, PKM pengabdian masyarakat, PKM teknologi dan PKM penelitian.