Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Bicara Wisata, Bupati Lumajang : Potensi Lebih Eksotik, Tapi Daerah Lain Lebih Dulu Maju

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

12 - Dec - 2019, 13:36

Placeholder
Salah satu wisata danau Lumajang yang punya potensi untuk berkembang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq mencermati proses pengelolaan pariwisata di sejumlah daerah, yang sekarang sudah lebih maju. Sementara dari sisi potensi, Bupati menyebut Lumajang memiliki potensi yang jauh lebih bagus.

"Potensi kita ini lebih bagus sebenarnya. Kita punya Air Terjun Tumpak Sewu, ada B29, Ranu Pane dan sekitarnya, termasuk pantai kita dan danau-danau yang eksotik. Tidak semua daerah memiliki potensi itu. Tapi dari sisi pengelolaan mereka lebih dulu maju. Penataan dan pengelolaan inilah yang harus kita mulai," kata Bupati Lumajang kepada Jatimtimes, ketika bertemu media ini di rumah dinasnya, Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (11/12).

Oleh karena itu, penyiapan infrastruktur, UKM berbasis parwisata dan sejumlah peningkatan lainnya yang bersifat dasar, akan segera dimulai pada tahun 2020 mendatang. Salah satunya  wisata di sekitar Ranu Pane Senduro.

"Ini memang tidak sebentar. Perlu waktu. Menyiapkan infrastruktur tidak bisa selesai dalam satu tahun anggaran. Bisa jadi harus dalam beberapa tahun kedepan, tapi harus dimulai dari sekarang," jelas Bupati Lumajang kemudian.

Sekarang ini, masih kata Bupati Lumajang, masyarakat memiliki dokumen yang lengkap tentang kondisi Lumajang saat ini. Perubahan akan dilakukan, beberapa tahun kedepan perubahan itu akan mulai terlihat.

"Karena butuh proses, dan proses itu akan berlangsung, dan masyarakat akan melihat dokumen-dokumen itu yang banyak terekam di media sosial. Jadi perkembangan itu akan terlihat dalam bentuk before after dokumen," paparnya kemudian.

Bupati kemudian memaparkan sejumlah potensi yang ada di Lumajang yang mulai dilirik oleh investor, juga program pemerintah pusat.

"Tinggal kita bergerak secara bersama-sama, pemerintah, masyarakat, juga investor yang bisa jadi akan datang ke daerah-daerah yang potensinya bagus. Karena nggak mungkin pemerintah atau masyarakat membangun resort-resort di  pesisir selatan Lumajang. Disitulah ada peran investasi," urainya kemudian.


Topik

Wisata lumajang berita-lumajang Bupati-Lumajang-H-Thoriqul-Haq Pengelolaan-pariwisata Air-Terjun-Tumpak-Sewu B29 Ranu-Pane



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto