Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Sering Konsumsi Boba Drink? Hati-hati, Jika Tak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Dec - 2019, 15:56

Placeholder
Boba Drink (Foto: Istimewa)

Minuman dengan bola-bola yang terbuat dari tapioka, bertekstur kenyal, dengan warna gelap yang biasa disebut boba drink saat ini tengah digandrungi semua orang, terlebih anak milenial. Rasanya yang manis dengan variasi rasa itu membuat minuman yang satu ini tidak pernah sepi peminat.

Namun, di balik rasa yang begitu lezat dari minuman itu, ternyata banyak bahaya kesehatan yang mengintai lho. Lantaran kandungan gula yang terdapat pada minuman tersebut jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan penyakit degeneratif, seperti Diabetes hingga Kanker.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinkes Kota Malang, Meifta Eti Winindar menyatakan meski belum ada kajian khusus yang berkonotasi negatif dari akibat meminum boba drink, namun kandungan isinya harus diperhatikan lebih jeli. 

"Kalau kita lihat dari kandungan minuman-minuman kekinian itu sebagian besar banyak pada gula, rasa manisnya, kemudian dengan zat-zat pengawet. Kalau terus menerus dikonsumsi tanpa disadari itu menimbun sumber kalori yang tinggi," ujarnya.

Kebiasaan itu dijelaskannya, harus diimbangi dengan makanan tinggi serat dan olahraga yang cukup. Sehingga, bisa terhindar dari faktor resiko penyakit-penyakit degenartif. "Ada resiko diabetes, karena yang namanya anak remaja itu akan berapa tahun lagi dia menikmati itu, nanti akan menjadi pola hidup yang nggak baik," imbuhnya.

Ia mengimbau kepada anak milenial, untuk lebih menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari konsumsi makanannya, olahraga teratur, dan melakukan chek-up kesehatan secara berkala. Karena jika hal itu tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin 10 - 15 tahun ke depan penyakit degeneratif akan menimpa para remaja saat ini.

"Boleh gaul tapi juga harus tahu apa yang dia konsumsi dengan prinsip You Are What You Eat. Artinya segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita harus terkontrol, akibat negatif ya itu harus dipikirkan. Mungkin bukan saat ini, tapi bisa beberapa tahun ke depan. Apalagi, penyakit tidak menular itu semakin hari banyak menyerang kaum muda," pungkasnya.


Topik

Kesehatan malang berita malang Dinkes-Kota-Malang -Meifta-Eti-Winindar Sering-Konsumsi-Boba-Drink-bisa-menyebabkan-Diabetes-hingga-Kanker



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni