Empat tahanan kasus narkoba yang sebelumnya kabur telah tertangkap semua (ist)
Empat tahanan kasus narkoba yang sebelumnya kabur telah tertangkap semua (ist)

Upaya keras petugas Polresta Malang Kota melakukan pengejaran satu tahanan kabur terakhir, yakni Bayu Prasetyo warga Jalan Sumber Sekar, Gang Dahlia No 4 Rt 1 Rw7, Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, membuahkan hasil.

Bayu akhirnya tertangkap di kawasan Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Martadireja 1, No 871 Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas hari ini (15/12/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Keberadaan Bayu terdeteksi setelah Tim IT Resmob Polresta Malang Kota melakukan analisa dan pelacakan  Bayu menggunakan pemanfaatan teknologi. Dari situ, didapati jika Bayu tengah berada di Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Dari informasi itu, setelah dipastikan jika Bayu benar berada di lokasi yang telah diinformasikan sebelumnya. Kemudian, rombongan Resmob Polresta Malang Kota langsung yang berkoordinasi dengan jajaran hukum setempat, lantas segera mendatangi lokasi yang telah diketahui.

Setelah tiba di sebuah Hotel bernama Roda Mas, petugas melakukan penyisiran di daerah Jalan Martadireja dan mengawasi segala akses jalan yang memungkinkan tersangka lewat dan melarikan diri.

Untuk itu, kemudian seluruh anggota berpencar sesuai lokasi yang ditentukan. Hingga selanjutnya, diperoleh informasi Bayu berada di depan Hotel Roda Mas langsung dilakukan penangkapan.

Saat akan ditangkap, Bayu melakukan perlawanan. Petugas pun akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Namun, peringatan tersebut tak digubris Bayu. Karena tak ingin Bayu kabur lebih jauh, petugas akhirnya melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menghadiahkan timah panas pada kedua kaki bayu.

Mengenai penangkapan Bayu, satu tahanan terakhir yang sebelumnya kabur bersama tiga tahanan lain, dibenarkan oleh Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata saat dikonfirmasi awak media.

"Benar Mas. Alhamdulilah, tertangkap di Purwokerto Banyumas, Jawa Tengah," bebernya

Sementara ini, saat ini pihaknya masih belum bisa menjelaskan secara detail perjalanan kaburnya Bayu setelah sebelumnya sempat terdeteksi di Kediri bersama Sokib.

Dengan tertangkapnya Bayu, maka keempat tahanan kasus narkoba yang sebelumnya kabur, kini telah tertangkap semua. Keempatnya yakni, Sokib Yulianto, Nur Cholis, Andrian dan Bayu. Kini keempatnya kembali menempati ruang sel yang keamanannya lebih ekstra.

Sebelumnya, empat tahanan kasus narkoba, kabur dari ruang tahanan Polresta Malang Kota dengan menjebol atap dan menggergaji teralis besi (9/12/2019). Pelaku naik ke atap menggunakan kain yang diikat seperti tali dan kemudian langsung kabur.