Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Label Miskin Rumah Penerima PKH, Ditanggapi Anggota Komisi VIII DPR RI Umar Bashor

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Soejatmiko

15 - Dec - 2019, 21:46

Placeholder
Umar Bashor SE, Anggota Komisi VIII DPRI (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Pro dan kontra soal pemberian label miskin kepada keluarga penerima PKH mendapatkan sorotan dari Anggota Komisi VIII DPR RI asal Lumajang Umar Bashor, SE.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, langkah Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam memberikan label miskin kepada penerima PKH perlu dikaji ulang agar tidak menimbulkan masalah psikologis kepada warga yang rumahnya dicat dengan label miskin tersebut.

"Ini perlu dipertimbangkan kembali, agar tidak menimbulkan dampak psikologis kepada warga yang rumahnya dicat. Mari kita hargai anak-anak yag butuh motivasi untuk terus maju dan berkembang dan tidak menghancurkan motivasi anak-anak dari keluarga miskin ini," kata Angota Komisi VIII Umar Bashor SE, dalam sambungan telepon dengan media ini.

Umar Bashor kemudian meminta kepada Pemkab dan petugas PKH untuk memperbaiki sistem pendataannya, agar program PKH ini bisa tepat sasaran. Bukan memberikan label miskin kepada penerima.

"Dengan cara ini mungkin ada sebagian yang akn mundur dari penerima PKH, tapi bukan karena mereka mampu, tapi karena mereka malu dengan label itu. Kalau ini terjadi, maka kemudian akan menyebabkan program PKH juga tidak tepat sasaran," papar Umar Bashor kemudian.  

Sementara itu Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyatakan hanya akan memberi label kepada penerima PKH yang dinilai sudah cukup mampu dan tidak mau mundur sebagai penerima PKH.

Sebelumnya Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq berharap agar penerima PKH ini benar-benar tepat sasaran.

Semenentara salah seorang petugas PKH Lumajang yang dikonfirmasi media ini mengatakan, pemberian label tersebut belum ada instruksi untuk diteruskan.

"Kemarin itu hanya launching saja, katanya mau diteruskan setelah Pilkades serentak, mungkin juga ada sejumlah perubahan," kata petugas PKH Lumajang kepada media ini.


Topik

Peristiwa lumajang berita-lumajang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Soejatmiko