Foto Dokumentasi MalangTIMES
Foto Dokumentasi MalangTIMES

Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan tak lolos verifikasi administrasi bisa bernapas lega. Pasalnya, masih ada satu kesempatan untuk memperjuangkan diri mengikuti perekrutan abdi negara itu. 

Di Kota Malang, sebanyak 9.167 pelamar CPNS telah dinyatakan lolos.  Sedangkan untuk yang dinyatakan tak lolos seleksi administrasi sebanyak 903 pelamar. Hal itu sesuai dengan pengumuman yang dibuat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang melalui laman resmi mereka.

Bagi peserta CPNS yang lolos seleksi dipastikan dapat mengikuti tahapan berikutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD). Sementara bagi yang tak lolos masih memiliki kesempatan untuk mengajukan pengaduan. Pengaduan dapat disampaikan pelamar dalam masa sanggah.

"Bagi yang merasa keberatan dengan keputusan panitia dapat lakukan pengaduan dalam masa sanggah, maksimal tiga hari setelah dilakukan pengumuman, yaitu 17 sampai 19 Desember 2019," kata Ketua Tim Pelaksana Seleksi CPNS Kota Malang Tahun 2019, Wasto.

Prosedur yang akan ditetapkan dalam masa sanggah itu menurutnya akan disesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan selama ini. Seluruh hasilnya pun akan disampaikan dalam laman resmi BKD Kota Malang. Sehingga para pelamar dapat melihat langsung perkembangannya.

Wasto menjelaskan, sanggahan dapat diproses sesuai prosedural melalui laman sscn.bkn.go.id. Kemudian tim pelaksana seleksi CPNS Kota Malang dapat menerima atau menolak sanggahan yang diajukan sebagaimana ketentuan yang ada. Ketika dinyatakan diterima, maka tim seleksi akan mengumumkan kembali hasil seleksi administrasi paling lambat tujuh hari setelah waktu masa sanggah berakhir.

Sementara bagi para pelamar yang lolos tahap administrasi diimbau untuk mempersiapkan diri mengikuti tahapan berikutnya. Tahapan berupa seleksi kompetensi dasar (SKD) akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadwal dan lokasi pelaksanaan akan diumumkan selanjutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 10.070 pelamar tercatat telah melakukan pendaftaran CPNS di Kota Malang. Mereka akan memperebutkan 335 formasi yang telah disiapkan melalui berbagai tahapan yang akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang. Diantaranya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Dari 10 ribu lebih pendaftar, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mencatat ada tiga formasi yang paling banyak diminati. Posisi pertama adalah formasi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa yang sampai pada pendaftaran terakhir telah diisi 2.372 pelamar. Sementara lowongan yang disediakan dalam bidang ini adalah 15 formasi.

Posisi terbanyak peminat ke dua adalah formasi bidan yang memiliki 582 pelamar. Sedangkan formasi yang disiapkan untuk pelaksana atau terampil bidan adalah 16 formasi. Selanjutnya di posisi ke tiga yang paling banyak diminati adalah Guru Matematika sebanyak 538 pelamar dari lima formasi yang ditetapkan. Artinya, persaingan ketat akan dihadapi oleh para pelamar yang mendaftarkan diri pada tiga posisi di atas.