Jajaran elit partai Gerindra Kabupaten Malang siap bertarung habis-habisan dalam Pilkada 2020 (Gerindra for MalangTimes)
Jajaran elit partai Gerindra Kabupaten Malang siap bertarung habis-habisan dalam Pilkada 2020 (Gerindra for MalangTimes)

Pilkada serentak 2020 semakin di depan mata. Mesin partai politik (parpol) pun telah bekerja mempersiapkan perhelatan lima tahunan untuk memilih kepala daerah. 

Walau terkesan adem ayem di permukaan, parpol di Kabupaten Malang telah mempersiapkan para jagonya untuk berlaga. Tak terkecuali partai Gerindra yang raihan kursinya di tahun 2019 tak mampu untuk mengusung sendiri calonnya dalam Pilkada 2020.

Hanya mampu mendulang 7 kursi, Gerindra wajib berkoalisi dengan parpol lain bila ingin mengusung jagonya berlaga. Apalagi, dengan adanya pesan khusus dari sang Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kepada seluruh kadernya di Kabupaten Malang. Yakni, meraih kemenangan dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Malang.

Pesan khusus Prabowo yang disampaikan melalui utusan dari DPP Gerindra Mukhlisaturrohman, secara tegas mengamanahkan kepada seluruh kader di Kabupaten Malang untuk meraih kemenangan di pilkada 2020 datang.

"Pilkada 2020 di Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah prioritas pemenangan nasional Partai Gerindra. Ini pesan khusus dari Ketua Umum, Bapak Prabowo untuk Gerindra di Kabupaten Malang," ucapnya dalam rapat konsolidasi di kantor DPC Partai Gerindra, Minggu (30/12/2019) malam.

Mukhlisaturrohman melanjutkan, pesan Prabowo itu juga terkait kesiapan pemenangan partai Gerindra Kabupaten Malang di pilkada 2020 yang telah dilakukan. Pasalnya, dengan konstelasi politik Pilkada 2020 di Kabupaten Malang, posisi Gerindra bila tak berkoalisi dengan parpol lainnya tak mungkin bisa mewujudkan amanah Prabowo.

Sisi lain, Gerindra pun bila mampu mengusung calonnya bersama parpol lain tentunya akan berhadapan dengan para rival beratnya. Seperti PDI-Perjuangan, PKB, maupun Golkar yang sejak awal telah menyampaikan akan mengusung kader terbaiknya sendiri sebagai calon bupati 2020.

"Untuk itu kami hadir di sini untuk memastikan pesan khusus Ketua Umum sekaligus memastikan kesiapan Gerindra di Kabupaten Malang dalam menghadapi pilkada serentak ini," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Chusni Mubarok, menyampaikan bahwa seluruh kader siap untuk mewujudkan harapan besar Prabowo dalam pilkada 2020 datang. Yakni, pemenangan Gerindra dalam kontestasi 5 tahunan memilih kepala daerah.

"Kita siap mengamankan keputusan DPP dan Gerindra ingin menang. Kita siap untuk itu," tegasnya.

Chusni pun membeberkan berbagai persiapan yang diminta oleh Prabowo dalam mengamankan pesan khusus pemenangan Gerindra Kabupaten Malang. Proses penjaringan bakal calon baik eksternal dan internal telah dilaksanakan. Sehingga untuk proses itu, Gerindra telah mengantongi nama-nama calon yang nantinya akan dipresentasikan di DPP Gerindra.

"Segera kita kerucutkan nama-nama itu dan nantinya kita presentasikan di DPP. Insya Allah dipertengahan Januari 2020. Selain itu kita sudah melakukan berbagai komunikasi dengan parpol lainnya," terangnya.

Walau belum menyebutkan parpol mana saja yang akan digandeng oleh Gerindra untuk berkoalisi. Tapi melihat pergerakan politik di pilkada 2020, bila Gerindra fokus untuk mewujudkan pesan dan amanah Ketuanya, maka NasDem, Demokrat, ataupun Golkar yang kukuh mengusung kader internalnya menjadi calon Bupati, bisa jadi sekutunya.

Sedangkan untuk PDI-Perjuangan dan PKB dimungkinkan cukup alot bila diajak berkoalisi dengan Gerindra. Selain mereka telah mengantongi calonnya sendiri, wacana duet kedua parpol pendulang kursi terbanyak 2019 ini semakin menguat.

Chusni pun memahami hal tersebut, sehingga dirinya gencar melakukan konsolidasi internal. Serta intensif melakukan komunikasi lintas partai dan juga terhadap calon-calon dari luar kadernya sendiri. 

"Kita realistis bahwa Gerindra harus berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon pada pilkada nanti. Sebagai partai terbuka kita juga menjaring potensi dari luar kader, intinya Gerindra ingin menang dan kita siap untuk itu," tandasnya.