Meriah, pembukaan Pesta Wirausaha Blitar 2020 diharapkan hadirkan ispirasi untuk dunia usaha.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Meriah, pembukaan Pesta Wirausaha Blitar 2020 diharapkan hadirkan ispirasi untuk dunia usaha.(Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Komunitas Pengusaha Tangan Di Atas atau sering disebut TDA bekerja sama dengan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar acara akbar bertajuk Pesta Wirausaha Blitar 2020. Acara yang dihadiri ribuan pengusaha, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19/1/2020).

Gelaran akbar yang akan dilaksanakan di Unisba Blitar ini menghadirkan pembicara-pembicara nasional dan regional Blitar serta Jawa Timur. Mereka adalah pengusaha-pengusaha yang sudah berhasil mengembangkan bisnis masing-masing.

Pesta Wirausaha terbesar di Blitar ini dibuka langsung oleh Kepala Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah didampingi Rektor Unisba Blitar Soebiantoro, pengusaha sekaligus Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa Hidayaturrahman serta pengurus  Komunitas TDA.

Ketua TDA Blitar, Andhika Yuswantara, mengatakan Pesta Wirausaha yang digelar ini merupakan acara dua tahunan yang rutin digelar oleh TDA. Kegiatan ini diisi dengan seminar-seminar, Workshop Robot Soccer, bazar dan kegiatan kreatif.

“Tujuanya memperkenalkan TDA dan menumbuhkembangkan kewirausahaan di masyarakat, sehingga dapat terbentuk wirausawan-wirausahawan yang tangguh yang bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman,” ungkap Andhika.

Kegiatan Pesta Wirausaha Blitar ini hadir dengan dua panggung. Panggung utama atau panggung inspirasi akan diisi dengan seminar bisnis dan kewirausahaan yang akan menghadirkan delapan narasumber selama dua hari. Beberapa narasumber diantaranya Mustofa Romdloni (Presiden TDA), Wahyu Liz (Kupret), Hidayaturrahman (Ketua Yayasan Bina Citra Anak Bangsa, Pengusaha Blitar), Yuyun Anwar, Wawan Saktiawan, Agus ‘De Classe Gelato’, dan Alfina Nindiyani.

Acara yang sangat edukatif ini semakin meriah dengan food carnival, Business Clinic, Business Expo dengan produk yang dihadirkan berasal dari member TDA dan komunitas lainya. Asyiknya, masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

“Harapan kami ini bisa menjadi momentum, menjadi penyemangat masyarakat untuk menggeluti dunia usaha. Harapan kami pula ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman mahasiswa, karena menjadi wirausaha itu butuh mentalitas yang tangguh dan pantang menyerah.  Harapan kami, lewat acara ini kita bisa saling berbagi dan menguatkan serta tumbuh bersama-sama,” tandasnya.

Sementara itu Rektor Unisba Blitar, Soebiantoro dalam sambutannya menegaskan Pesta Wirausaha Blitar ini sejalan dengan visi dan misi Unisba Blitar. Sebagai kampus entrepreneurship, Unisba Blitar ingin mencetak wirausaha-wirausaha baru. Selain perkuliahan, upaya Unisba tersebut salah satunya dengan mendirikan lembaga Student Enteprise, untuk memberikan bimbingan dan menampung hasil karya wirausaha mahasiswa.

“Kami senang sekali dan mengucapkan terimakasih kepada TDA  atas terselenggaranya acara ini. Semoga acara ini bisa menumbuhkan kewirausahaan dan memunculkan wirausahawan baru. Acara ini sejalan dengan visi misi kami, sejak era Alm Rektor Hadi Siswanto, Unisba jadi kampus entrepreneur dan bertekad mencetak wirausahawan-wirausahawan baru,” tegas Soebiantoro.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah berharap suskesnya gelaran Pesta Wirausaha 2019 akan menumbuhkan spirit kewirausahaan dan melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru. Dirinya juga memberikan dukungan penuh kepada Unisba Blitar sebagai kampus entrepreneurship dalam menyebarkan virus kewirausahaan dan melahirkan entrepreneur-entrepreneur baru yang mengangkat potensi dan ekonomi daerah.

“Semoga kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan berbisnis dan mempersiapkan strategi yang jitu untuk bisnis lebih besar, khususnya bagi yang masih menjadi pemula,” tandas Difi.(*)