Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tiga Hari ke Depan, BMKG Kembali Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Jan - 2020, 07:47

Placeholder
Ilustrasi (harian riau).

Selama tiga hati ke depan, hingga Rabu (23/1/2020), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali ingatkan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah. Salah satunya kawasan Jawa Timur, yang diprediksi alami hujan dengan intensitas tinggi.

Dikutip dari laman BMKG, Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo menjelaskan, selain Jawa Timur, beberapa wilayah hingga 23 Januari mendatang diprediksi akan alami curah hujan dengan intensitas lebat. Selain itu hujan juga akan disertai kilat atau petir.

Beberapa di antaranya seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, hingga Papua.

"Sehingga masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat dengan intensitas tinggi," katanya.

Kondisi itu menurutnya terjadi lantaran sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin. Hal itu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan menurutnya juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan daerah tersebut akan alami hujan dengan intensitas lebat dan disertai kilat serta petir.

Masyarakat pun diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Di antaranya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-malang-hari-ini Potensi-Cuaca-Ekstrem Badan-Meteorologi -Klimatologi -dan-Geofisika Mulyono-R.-Prabowo curah-hujan-tinggi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Nurlayla Ratri