Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)
Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)

Wabah virus Corona yang menyebar di daerah Wuhan, China belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Virus ini disinyalir bisa menular dari manusia ke manusia dan gejalanya mirip seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Virus ini menyebabkan wabah pneumonia di kota tersebut dan kini telah menyebar hingga ke beberapa negara, seperti Jepang dan Korea. Cepatnya penyebaran tersebut ke berbagai negara, menjadikan perhatian khusus di Indonesia. Sejumlah daerah diminta turut mengantisipasi penyebaran virus ini sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menanggapi merebaknya virus tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menganjurkan kewaspadaan bagi masyarakat Kota Malang. Meski, belum ada kasus virus Corona yang masuk ke Kota Malang, namun salah satunya kewaspadaan yang diprioritaskan yakni sementara waktu bagi warga diharapkan untuk tidak melakukan perjalanan jauh atau travelling ke wilayah Wuhan, China.

"Prinsipnya, itu adalah kewaspadaan kita terhadap jika mau travelling sebaiknya daerah-daerah yang tersebar dihindari dulu. Terlebih di daerah Wuhan, yang pertama memunculkan virus ini," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat dihubungi MalangTIMES, Rabu (22/1).

Hal itu dijelaskannya, merujuk pada pemberitahuan dari Kemenkes atas anjuran kewaspadaan di semua wilayah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Husnul menambahkan ada proses screening yang akan dilakukan terhadap warga asing yang akan masuk ke Indonesia atau warga dalam negeri yang habis bepergian. Yakni, dengan menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner.

"Memang kewaspadaan daripada imigrasi kita pada saat orang-orang yang dari luar akan masuk ke Indonesia jadi harus ada screening. Nah, screening itu berupa thermal mengukur suhu badan pada saat dia berada di bandara saat masuk ke kita," imbuhnya.

Alat tersebut akan selalu tersedia di bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api. Nantinya, setiap wisatawan yang akan memasuki wilayah di Kota Malang akan dilakukan screening dengan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

"Dari alat ukur thermal itu, yang mengindikasikan biasanya kalau suhu ada di angka 38 derajat ke atas maka harus ada screening lagi. Yaitu pemisahan, jadi harus diisolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.

Diketahui, Coronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan juga hewan mamalia seperti kucing dan babi. Virus ini memang cukup sulit dibedakan dengan gejala infeksi Rhinovirus dan virus Influenza.