Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)
Ilustrasi virus corona (Foto: Istimewa)

Belakangan ini publik dihebohkan dengan munculnya virus Corona yang menyerang di wilayah Wuhan, China. Wabah ini bisa dikatakan sebagai wabah penyakit pneumonia berat yang menginfeksi ribuan orang di Tiongkok.

Bahkan, dikabarkan virus tersebut juga telah menyebar di beberapa negara lain. Seperti, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat. Penularan virus corona di China juga terus meningkat. Dilansir dari berbagai sumber, sejauh ini sudah terdata sebanyak 571 kasus coronavirus dan 17 orang dinyatakan meninggal.

Merebaknya penyebaran virus itu mendapat perhatian ekstra dari semua negara dan di setiap daerah, tak terkecuali di Kota Malang. Karena, disinyalir virus ini menyebabkan infeksi radang paru yang bisa menular dari manusia ke manusia.

Lalu, seperti apa sebetulnya virus corona ini?

Dilansir dari WHO, Virus corona masuk dalam keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit sekecil demam, atau seserius MERS dan SARS. Orang yang terinfeksi virus ini memiliki gejala mirip pneumonia.

Coronavirus termasuk dalam keluarga besar virus yang biasanya menginfeksi hewan, namun lambat laun rupanya berevolusi dan menyebar ke manusia.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan virus corona adalah suatu temuan baru dari pneumonia. Secara morfologi, dikatakannya penyebab dari virus ini karena kemunculan corona itu sendiri.

"Pneumonia itu banyak penyebabnya, nah yg terbaru ini bentuknya berupa Corona itu. Kalau dulu seperti basil atau batang, sekarang ditemukan dalam bentuk corona. Hal itu setelah adanya penderita di Wuhan dan dilakukan penelitian dari sampel darah penderitanya. Contohnya seperti lendir penderita ditemukan corona, penyebab daripada Pneumonia tadi," jelasnya.

Penyakit ini bisa dikatakan sebagai wabah baru Pneumonia berat. Karena kemunculannya baru dan menggemparkan masyarakat di seluruh dunia. 

Sementara, berkaitan dengan penyakit Pneumonia sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami infeksi yang terjadi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru. Infeksi yang ditimbulkan, bisa terjadi pada salah satu sisi paru-paru maupun keduanya.

"Kalau Pneumonia biasa itu merupakan gangguan di saluran pernafasan, terutama memang di saluran-saluran yang dekat dengan paru-paru. Bukan di saluran pernafasan bagian atas," paparnya.

Di Indonesia, Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah. Penyakit ini tak hanya menyerang orang dewasa melainkan bisa terjadi pada anak-anak, hingga bayi yang baru lahir.