Kapolsek Jabung AKP Syamsul Hidayat saat memeriksa barang bukti pencurian, berupa mobil pick up dan kunci T sebelum diserahkan kepada pemiliknya untuk pinjam pakai
Kapolsek Jabung AKP Syamsul Hidayat saat memeriksa barang bukti pencurian, berupa mobil pick up dan kunci T sebelum diserahkan kepada pemiliknya untuk pinjam pakai

Mengetahui adanya anggota polisi yang sedang berpatroli, komplotan pencurian kendaraan bermotor langsung kabur melarikan diri. Meski berhasil lolos dari kejaran petugas, namun satu unit kendaraan pikup hasil curian berhasil diamankan.

”Hari ini (Jumat 24/1/2020), barang bukti hasil curian kami kembalikan kepada pemiliknya. Petugas masih melakukan penyelidikan guna memburu keberadaan pelaku pencurian,” terang Kapolsek Jabung, AKP Syamsul Hidayat, Jumat (24/1/2020).

Barang bukti yang dikembalikan tersebut adalah satu unit mobil pikup nopol N-8977-GE. Sedangkan pemiliknya bernama Son Haji warga Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. ”Berdasarkan laporan yang diterima kepolisian, aksi pencurian terjadi pada Rabu (22/1/2020) lalu. Beberapa jam kemudian, mobil hasil curian berhasil kami amankan saat melintas di wilayah hukum kami (Polsek Jabung),” jelas Syamsul.

Diperoleh keterangan, Rabu (22/1/2020) tengah malam komplotan pencurian yang beranggotakan 2 orang tersebut, menyatroni rumah korban yang kebetulan saat itu situasinya sedang sepi. ”Diduga kuat, pelaku merusak rumah kontak kendaraan menggunakan kunci T. Sebab saat kami lakukan pemeriksaan, petugas menemukan adanya kunci T yang sudah dimodifikasi di dalam mobil milik korban,” terang Syamsul.

Setelah berhasil membobol kontak kendaraan, lanjut Syamsul, pelaku seketika bergegas meninggalkan lokasi kejadian. Sedangkan korban yang hendak pergi ke pasar dan mendapati mobil miliknya telah dicuri, memilih melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

Mengetahui jika baru saja ada aksi pencurian di wilayah Kecamatan Pakis, beberapa personel Unit Reskrim Polsek Jabung dikoordinasikan untuk melakukan penyanggongan di sepanjang akses jalan penghubung antara Malang menuju Pasuruan.

Ketika hampir 2 jam dilakukan penyanggongan di kawasan Jalan Raya Dusun Krajan, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Petugas Unit Reskrim Polsek Jabung, melihat ada mobil pick up yang beriringan dengan sepeda motor beat di belakangnya. 

Ketika dipastikan jika mobil pick up tersebut memiliki ciri-ciri yang sama dengan laporan pencurian di Kecamatan Pakis. Petugas akhirnya mencoba untuk menghadang si pengemudi. ”Pengemudi pikup yang mengetahui mobilnya dihadang petugas, memilih meloncat dari kemudi dan berlari ke arah temannya yang mengendarai sepeda motor untuk melarikan diri,” sambung Syamsul yang juga pernah menjabat sebagai Kasat Reskoba Polres Malang ini.

Meski sempat dikejar, namun petugas yang kehilangan jejak sayangnya tidak mampu mengamankan kedua pelaku. Guna kepentingan penyidikan, barang bukti berupa satu unit pick up dan kunci T dibawa ke kantor Mapolsek Jabung. ”Kami masih berkoordinasi dengan beberapa polsek jajaran untuk memburu keberadaan pelaku, tim sudah dikerahkan untuk melakukan penyelidikan,” tutup perwira polisi dengan pangkat tiga balok di bahu ini.