Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Rektor UINSA : Muncul Politik Gerombolan, Takut Dikucilkan Pasrah Samakan Pandangan

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Heryanto

19 - Feb - 2020, 17:59

Placeholder
Rektor UINSA Surabaya, Prof Masdar Hilmy SAg MA PhD. (Foto: Ima/MalangTIMES)

Saat ini, bangsa Indonesia tengah diancam oleh politik identitas. 

Adanya politik identitas menimbulkan munculnya politics of crowds atau politik gerombolan yang hanya memikirkan bagaimana cara kita menikmati privilege politik dan privilege ekonomi. 

Tidak memikirkan bagaimana kehidupan generasi anak bangsa agar berubah lebih baik lagi.

"Kita takut di-exclude, kita takut dikucilkan, kita takut dikecualikan kalau kita tidak menggunakan baju yang sama, tidak punya pemikiran yang sama, sehingga berbondong-bondong orang itu pasrah menjadi bagian dari kelompok gerombolan tadi karena ada politics of crowds," beber Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof Masdar Hilmy SAg MA PhD.

Hilmy menjadi keynote speaker Seminar Sehari Halaqah Perdamaian "Belajar dari Rekonsiliasi Korban dan Mantan Pelaku Terorisme" di Auditorium Nuswantara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya, Rabu (19/2/2020).

Lantas, bagaimana sebaiknya masyarakat menanggapi adanya politik gerombolan ini?

Pertama, perdamaian harus dibuat bukan semata-mata secara ideologis.

"Melainkan perdamaian yang didukung oleh keseimbangan sosial, politik, dan ekonomi," sambung Masdar.

Kedua, jangan mau diperbudak oleh ideologi. Namun, hal ini bukan berarti manusia tak punya ideologi.

"Kita tetap boleh ideologis, tapi ideologi tadi itu tidak boleh menjadi penguasa bagi berbagai hal dalam kehidupan kita," katanya.

Ideologi merupakan satu segmen kecil dalam kehidupan kita. 

Dan menurut Masdar, yang harus lebih dominan adalah akal sehat.

"Yang lebih dominan menurut saya adalah rasio, bukan ideologis," ucapnya.

Jadi, menempatkan berbagai hal dalam perspektif akal sehat. Mengkritisi agama dengan secara akal sehat, menundukkan dalam konteks akal sehat, hingga budaya juga seperti itu, maka secara otomatis akan ada proses moderasi.

"Ada proses jalan tengah yang nantinya tidak membuat kita kalap, buta mata, dan buta hati mengikuti suatu aliran ideologi secara membabi-buta, mengkampanyekan dengan cara mengorbankan kehidupan Anda, mengorbankan anak istri Anda hanya untuk satu ideologi," tandasnya.

 


Topik

Politik malang berita-malang munculnya-politics-of-crowds-atau-politik-gerombolan Fakultas-Ilmu-Sosial-dan-Ilmu-Politik-FISIP-Universitas-Brawijaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Heryanto