Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kerugian Akibat Kerusuhan Suporter di Blitar Capai Rp 200 Juta Lebih

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

20 - Feb - 2020, 13:59

Placeholder
Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo.(Foto : Team BlitarTIMES)

Pemerintah Kota Blitar melalui Kesbangpol dan PBD telah merinci total kerugian akibat kerusuhan massa suporter di Kota Blitar saat pelaksanaan semifinal Piala Gubernur 2020 antara Persebaya VS Arema FC, Selasa (18/2/2020) lalu.

Kepala Kesbangpol Dan PBD Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, estimasi kerugian akibat kejadian tersebut mencapai Rp 254 juta.

Rinciannya, mencakup 6 orang korban luka-luka, 13 kendaraan roda dua rusak ringan hingga berat, satu kendaraan roda empat dengan jenis kerusakan kaca pecah dan laptop yang ada di dalamnya raib. 

Kemudian kerugian barang dagangan milik  toko dan warung dijarah total ada 8, empat rumah rusak ringan serta enam hektare areal persawahan milik 25 orang rusak mulai ringan hingga parah.

"Hasil pendataan sudah masuk semua ada beberapa warung maupun toko yang terdampak motor terbakar dan rusak termasuk mobil kemudian lahan persawahan. Nilai kerugian sekitar Rp 254 juta," jelas Hakim Sisworo, Kamis (20/2/2020).

Hakim menambahkan, hasil dadi rincian ini akan dikirim ke pemerintah provinsi. Karena semua kerugian akan ditanggung pemerintah provinsi.

Namun bagaimana proses penyalurannya pihaknya masih akan melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi.

"Hasilnya ini akan dikirim ke provinsi. Nanti bagaimana cara mengantinya masih koordinasi sama provinsi," imbuhnya.

Sebelumnya Plt Wali Kota Blitar, Santoso menyatakan permohonan maaf kepada warga Kota Blitar yang terdampak kerusuhan suporter.

Dia mengatakan, Pemkot hanya sebatas ketempatan. 

Oleh karena itu, semua dampak yang ditimbulkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemprov Jatim.

"Sudah diupayakan untuk antisipasi. Kita sebatas ketempatan kita juga tidak menerima sesuatu dari sponsor itu program kegiatan hari jadi provinsi kita mencoba untuk ikut mensukseskan makanya dalam hal ini Polda juga membackup dari kemanaman. Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan atas nama Pemkot Blitar mohon maaf kepada masyarakat Kota Blitar yang terkena dampak secara langsung. Semua kerusakan dan kerugian akibat kejadian ini sudah didata dinas terkait, nanti akan disampaikan ke provinsi untuk segera mendapatkan ganti rugi," jelas Santoso.(*)


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar Pemerintah-Kota-Blitar Kerugian-Akibat-Kerusuhan-Suporter Kerusuhan-Suporter-di-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto