Suasana Penyerahan Berkas Dukungan Paslon Bunda Ratu-Sunariyanto Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES
Suasana Penyerahan Berkas Dukungan Paslon Bunda Ratu-Sunariyanto Nurhadi Banyuwangi Jatim TIMES

Mendekati batas akhir jadwal penyerahan berkas Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima penyerahan berkas dukungan pencalonan Pasangan Calon (Paslon) Bunda Ratu Satiyem -Sunariyanto di kantor KPU Banyuwangi Minggu 23/2/2020 tengah malam.

Menurut Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni, sesuai dengan aturan yang ada, syarat minimal dukungan itu sudah diterima karena tiga unsur yang wajib dipenuhi paslon yang maju dari jalur perseorangan yakni; Formulir B1 KwK (Formulir dukungan asli), B 1 1 Kwk  atau surat pernyataan dukungan dan  B 2 kwk (persebaran dukungan).

Menurut Wanita berhijab itu berkas paslon Bunda Ratu-Sunariyanto selanjutnya akan diproses aplikasi administrasi.

"Kita ada waktu  tiga hari sampai tanggal 26 Februari. Misalkan sebelum tanggal 26 sudah selesai melakukan verifikasi atau perhitungan KPU akan memberikan penilaian diterima atau ditolak," jelas Dwi Anggraeni.

Sedangkan untuk Paslon lain Paslon Mas Pur dan Suminto, berdasarkan komunikasi dengan Liaison Officer (LO) mengonfirmasikan sampai batas akhir waktu penyerahan berkas dukungan, mereka tidak bisa menyerahkan berkas kepada KPU Banyuwangi.

Sementara Bunda Ratu Satiyem kepada wartawan mengungkapkan pihaknya sudah menyampaikan kepada KPU apabila dia bersama pasangan dan pendukungnya terlambat.

Menurut dia proses pencalonan melalui jalur perseorangan sekarang ini jauh berbeda dibandingkan lima tahun lalu.

Dalam pencalonan kali ini baru tim operatornya bisa memasukkan nama-nama pendukungnya kalau memang sudah tanda tangan dari masyarakat.

"Sebenarnya hal itu membuat kami  seneng banget,  cuman ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari semua kalangan yaitu ada kalanya sistemnya down. Bagaimanapun sistem itu ada ngadatnya dan paslon tidak dapat komplain dan tidak mendapatkan kompensasi apa pun dari pihak pemerintah. Ini jelas calon itu sangat dirugikan tetapi bagaimanapun juga dengan submit sudah diterima KPU Banyuwangi secara otomatis," jelas Bunda Ratu.

Selanjutnya dia menambahkan, pihaknya sudah berusaha memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan dan berharap semua berjalan fair and clear.

Bersama tim pendukungnya betul betul datang dengan kekuatan 94.000 KTP yang mereka dapatkan dari dukungan masyarakat dan sudah dikirimkan melalui silon.

"Kami sudah melakukan segala kewajiban secara maksimal dan sudah diterima KPU , artinya bahwa  kami ini sudah memberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku optimis lolos verifikasi," tegasnya.

Terkait dengan puncak proses perjuangan yang dijalani dalam proses pencalonan Calon Bupati-Wakil Bupati masa bakti 2020-2025, Bunda Ratu sangat optimis dan berharap ada perubahan yang signifikan di KPU Banyuwangi.