Kuliah umum peneguhan ideologi Muhammadiyah
Kuliah umum peneguhan ideologi Muhammadiyah

Guna meningkatkan pemahaman terhadap Islam dalam gerakan pencerahan yang berkemajuan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Pembukaan dan Kuliah Umum di aula KH Mas Mansyur, Kampus 1, GKB 2, Senin (24/2).

Kuliah umum yang bertajuk Peneguhan Ideologi Muhammadiyah ini merupakan suatu bentuk sinergi antara Pimpinan Pusat Aisyiyah (PPA) dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Acara ini dihadiri segenap jajaran tinggi Muhammadiyah yang meliputi Ketua PWA Jatim Dra Siti Dalilah Candrawati MAg, Ketua MPK PPA Dra Salmah Orbayinah M Kes Apt, Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dra Shoimah Kastolani, Ketua Umum PP Aisyiyah Dra Siti Noordjannah Djohantini MM dan Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi, dengan total sekitar 400 peserta dari Kepala Sekolah KB-TK ABA se-Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jatim, Dra Siti Dalilah Candrawati MAg menyampaikan bahwa Umsida beruntung dapat kesempatan bertemu langsung dengan Ketua Umum PP Aisyiyah. "Rezekinya Umsida bisa bertemu dengan Ketua Umum PP Aisyiyah, Dra Siti Noordjannah Djohantini MM, karena beliau menyempatkan datang ke sini, jauh-jauh dari Yogyakarta, dan Umsida merupakan satu-satunya PTM yang bisa dihadiri," tuturnya.

Selain itu, Ketua MPK PPA, Dra Salmah Orbayinah M Kes Apt menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan putaran keempat di Jawa Timur yang bertempat di Umsida. "Setelah sebelumnya dilaksanakan di tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah yakni Jember, Malang, dan Surabaya," terangnya.

Salmah menambahkan, selain sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), kegiatan ini merupakan ciri dari pergerakan Muhammadiyah. Ia berharap, "Semoga dalam kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai pejuangan Muhammadiyah, dan Aisyiyah sebagai gerakan pengemajuan," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Umsida, Dr Hidayatullah MSi mengungkapkan dukungan atas terselenggaranya acara ini. "Kegiatan ini luar biasa, menjadi spirit bagi kita untuk memperjuangkan Muhammadiyah melalui Amal Usaha Muhammadiyah, dimana kita berada."

Pada kesempatannya, keynote speech disampaikan oleh Ketua Umum PP Aisyiyah, Dra Siti Noordjannah Djohantini MM sebagai pembuka acara dalam kuliah umum. "Kegiatan ini sebagai pengingat para penggerak pendidikan usia dini bahwa posisi Taman Aisyiyah ABA ini adalah menjadi pionir pendidikan anak usia dini di Indonesia, bahkan sebelum merdeka. Tidak ada satu TK pun yg tidak mengingat TK nya sudah berusia 100 tahun atau satu abad," paparnya.

"Hal ini menjadi inspirasi untuk meneguhkan diri bahwa kami adalah seorang pejuang yang sudah dimulai dari 100 tahun lalu," imbuhnya.

Guru KB Aisyiyah Lamongan, Khusnul Azizah memberikan kesannya dalam mengikuti acara ini. "Alhamdulillah, melalui ini saya dapat menambah wawasan yang lebih tentang kemuhammadiyahan dalam mengemban ilmu sebagai guru muda," pungkasnya.