Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Hati-Hati Modus Penipuan Lowongan Kerja Mengatasnamakan RSI Aisyiyah Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

28 - Feb - 2020, 19:05

Placeholder
Ilustrasi lowongan fiktif (shutterstock)

Belum lama ini, nama Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiyah Malang, sempat dicatut oknum yang tak bertanggung jawab. 

Oknum yang mengatasnamakan ibu Acha tersebut sempat membuat kabar lowongan pekerjaan atau recruitment karyawan di RSI Aisyiyah Malang. 

Kabar tersebut bahkan sempat beredar di media sosial (medsos) Whatsapp maupun medsos lainnya.

Samsul, Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Insani (SDI) RSI Aisyiyah, membenarkan jika sempat terdapat oknum tak bertanggungjawab membuka recruitment karyawan fiktif mengatasnamakan RSI Aisyiyah. Namun kejadian ini masih pertama kalinya.

"Kita biasanya butuh atau rekrut itu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Lihat dari bulannya saja kemarin sudah nggak mungkin kita," jelasnya saat ditemui wartawan media ini (28/2/2020).

Lanjutnya, dalam rekruitmen Samsul menjelaskan, RSI memang jarang melakukan publis di media sosial. 

Sebab, setiap harinya, terdapat lamaran-lamarna pekerjaan yang masuk ke RSI Aisyiyah. 

Lamaran-lamaran tersebut kemudian diregistrasi dan nantinya akan dipanggil manakala dibutuhkan.

"Kalau sampai hari ini lamaran yang masuk itu banyak, seluruh lamaran teregistrasi. Jadi nanti kita tinggal panggil saja, lamaran bulan ini kita panggil periode ini, nggak sampai buka medsos," bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kecuali pada profesi tertentu yang itu langka, Samsul menyebut jika terdapat publikasi yang dilakukan pihak RSI Aisyiyah. 

Dicontohkannya, ketika membutuhkan seorang laboratorium analis, pihak rumah sakit akan menginformasikan recruitment tersebut ke sebuah organisasi atau lembaga yang kejuruannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak rumah sakit.

"Misalkan kita membutuhkan laboratorium analis, jadi kita menginformasikan kan lewat organisasi mereka. Nggak dipasang di medsos, sehingga yang tau pasti ya cuma mereka atau lembaganya," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas RSI Aisyiyah, Riana menambahkan adanya kabar recruitment tersebut, pihaknya sempat menerima informasi, jika terdapat seseorang yang sempat dihubungi oleh oknum tersebut dan meminta transfer sebesar Rp 75.000 dengan alasan untuk pemeriksaan imunisasi.

"Setelah transfer uang, dikatakan oknum tersebut katanya langsung dapat seragam dan besok bisa langsung mulai kerja. Ada satu lagi, saya hubungi waktu ada di lobi, ya informasinya sama dari oknum tersebut dia disuruh transfer terus dijanjikan langsung dikasih seragam dan besok kerja," terang Riana.

Perihal kabar rekrutmen fiktif tersebut sempat terdapat lamaran masuk yang tertuju atas nama Ibu Acha. Padahal jelas, di RSI Aisyiyah tidak terdapat pegawai atas nama Acha.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat jika memang mencari informasi terkait RSI Aisyiyah agar bisa bisa datang langsung ke RSI Aisyiyah ataupun bisa melihat akun resmi medsos RSI Aisyiyah.

"Bisa hubungi call center, bisa lihat akun resmi media sosial RSI Aisyiyah atau bisa datang langsung ke RSI Aisyiyah," pungkasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas malang berita-malang Hati-Hati-Modus-Penipuan-Lowongan-Kerja Mengatasnamakan-RSI-Aisyiyah-Malang Oknum-yang-mengatasnamakan-ibu-Acha media-sosial-Whatsapp kota-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto