Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kumpul di Among Tani, Tiga Kepala Daerah Malang Raya Pertegas Kesepakatan Sinergi Pembangunan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

06 - Mar - 2020, 12:52

Placeholder
Dua dari kanan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wali Kota Malang Sutiaji, dan Sekda Pemkab Malang Didik menunjukkan MoU di Balai Kota Among Tani, Kamis (5/3/2020) malam. (Foto: istimewa)

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Wali Kota Malang Sutiaji, Para Sekretaris Daerah se Malang Raya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Organisasi Perangkat Daerah se Malang Raya berkumpul di Balai Kota Among Tani. 

Ada apa? Mereka bersama hadir dalam pertemuan tiga kepala daerah di wilayah Malang Raya bertajuk Sinergitas Malang Raya Maju bersama, Kamis (5/3/2020) malam.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bakorwil III Malang Drs. Syaichul Ghulam, Danrem 083/ Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin, Para kesatuan komandan (Dandohar, Danpoltekad, Danlanal, Danlanud), Rektor ITN prof Muktamar, Rektor Unmer. Prof Anwar Sanusi, Kepala OJK, Kepala BI Malang  Askha dan Kepala KPP Kota Malang, serta instansi vertikal se Malang Raya, dan sebagainya. 

Kehadiran mereka menandatangani kesepakatan bersama tentang kerjasama pembangunan daerah di wilayah Malang Raya. 

Kesepakatan tersebut ditandatangani Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wali Kota Malang Sutiaji, dan Sekda Pemkab Malang Didik Budi Muljono mewakili Bupati Malang Sanusi.

Para pimpinan wilayah Malang Raya tersebut sepakat melakukan sinergi membangun Malang Raya.

"Nantinya Pak Bupati bisa menyambungkan jalibar yang sudah hampir sambung ke Kota Malang yaitu di daerah Dau sehingga kemacetan bisa terurai kalau orang orang dari Blitar dan Malang mau ke Kota Batu," ungkapnya Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Ia menambahkan program sinergitas Malang Raya ini sempat tertunda cukup lama karena kesibukan masing-masing kepala daerah. 

Namun baru bisa terealisasi Kamis malam, tanpa kehadiran Bupati Malang Sanusi.

“Mudah-mudahan sinergitas Malang Raya ini menjadi sesuatu contoh sinergitas sangat luar biasa bagi kota-kota lain,” harapnya.

Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan,  jejaring itu sudah melalui proses panjang untuk bersama-sama mendesain dan merancang Malang Raya maju bersama. 

Kota Malang tidak mungkin ada kalau tidak ada Kota Batu, dan Kota Batu tidak mungkin ada kalau tidak ada Kabupaten Malang dan itu ditunjukkan dalam salam satu jiwa arema.

“Kota Malang masih bergantung dengan Kota Batu dan Kabupatan Malang terkait masalah air. Tapi bahwa inilah yang harus disambungkan. Karena mau tidak mau kita harus maju bersama," ungkapnya.

Sementara itu tujuan kesepakatan bersama ini adalah mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan serta pemberian pelayanan dasar masyarakat agar efektif dan efisien.


Topik

Pemerintahan batu berita-batu Kesepakatan-Sinergi-Pembangunan-di-Batu Wali-Kota-Batu-Dewanti-Rumpoko Wali-Kota-Malang-Sutiaji Forum-Koordinasi-Pimpinan-Daerah Pemkab-Malang Balai-Kota-Among-Tani



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto