Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Rugi Jutaan Rupiah, Empat Warga Kediri jadi Korban Penipuan Jual Beli Masker Lewat Medsos

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Heryanto

11 - Mar - 2020, 18:32

Placeholder
Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana saat menggelar press rilis di Mapolresta Kediri. (eko Arif s /JatimTimes)

Langkanya masker membuat banyak orang mulai melakukan penipuan lewat media sosial (Medsos). Di Kediri tercatat sudah ada empat warga yang menjadi korban penipuan jual-beli melalui medsos dengan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Pihak Polresta Kediri saat ini telah mendalami kasus penipuan jual-beli masker melalui media sosial.

Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana, menjelaskan belum lama ini pihaknya menerima aduan secara lisan dari masyarakat. Aduan tersebut disampaikan lewat sambungan telepon dan media sosial whatsaap serta Facebook.

"Warga yang mengadu merasa ditipu oleh penjual masker online. Si penjual tersebut berpura-pura memiliki stok masker dalam jumlah yang banyak, masker itu hendak dijualnya apabila ada warga yang membutuhkan,"ungkap Kapolresta AKBP Miko Indrayana saat memberikan keterangan di Mapolresta Kediri, Rabu, (11/3/2020).

Menurut AKBP Miko, dalam prosesnya si penjual masker online tersebut tak mengirimkan barang yang dijanjikannya. Ia berkilah maskernya tertahan di bandara dan bea cukai, sehingga membutuhkan biaya tambahan.

"Kemudian yang bersangkutan minta kembali dikirim uang kepada si calon konsumen tadi. Sehingga rata-rata kerugian yang dialami oleh calon konsumen ini lebih kurang (rata-rata) sekitar Rp 9 juta sampai Rp 13 juta," ujarnya.

Ditambahkan Kapolres, saat ini Polresta Kediri sendiri telah melakukan penyelidikan. Kami juga membentuk tim tersendiri untuk dapat mengungkap kasus tersebut.

"Laporan secara lisan kepada kami ada empat laporan. Mereka mengalami kerugian yang sama dengan modus yang sama. Keempat korban ini masyarakat biasa ," tandasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Kediri Berita-Kediri Berita-Penipuan Empat-Warga-Kediri-jadi-Korban-Penipuan Jual-Beli-Masker-Lewat-Medsos penipuan-jual-beli-melalui-medsos



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Heryanto