Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Bersih Stren Kali, Relawan FU Sampaikan Pesan Penting Jaga Sungai

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Mar - 2020, 14:54

Placeholder
Relawan Fandi Utomo saat bersih-bersih sungai

Relawan Fandi Utomo (FU) melakukan bersih-bersih bantaran Kali Brantas di Kampung Pulo Tegalsari Wonokromo, Rabu (11/3) sore. Puluhan warga yang mayoritas pria ini memunguti sampah yang membanjiri pinggiran kali.

Aksi lingkungan ini bertujuan ingin menyampaikan pesan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. Terutama di musim penghujan. Sebab, keberadaan sampah bisa berakibat bencana kepada manusia.

"Kalau musim hujan, sampah numpuk itu bisa sebabkan banjir. Karena saluran tersumbat karena sampah," kata Muhammad Kholik di sela-sela bersih kali.

Warga Kampung Pulo Tegalsari Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo ini mengaku, warga yang tergabung dalam relawan Fandi Utomo memiliki inisiaitif sendiri membersihkan stren Kali Brantas sisi selatan. Sebab, banyak sampah plastik dan rumah tangga yang ngambang dan mencemari lingkungan. 

Memang lanjut dia setiap hari ada petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) yang beroperasi membersihkan sampah. Hanya saja, mereka hanya membersihkan sampah yang berada di tengah. Sementara di pinggir kali tidak dibersihkan. Sehingga warga sekitar memiliki inisiatif untuk membantu pemerintah. 

Warga lainnya, Munaki menambahkan, mungut sampah, sangat bermanfaat terhadap kebersihan lingkungan. Terutama berdampak kepada kesehatan lingkungan dan warga.

"Kalau sampahnya dibuang ke tempatnya, ngak dibuang ke sungai yang merasakan manfaatnya masyarakat sendiri," ujarnya.

Relawan Fandi Utomo bergerak bersama mengambil bagian dalam tindakan kepedulian terhadap lingkungan. Sebab, Fandi Utomo selalu memberi contoh bagaimana seharusnya menjaga lingkungan dengan baik.

"Pak Fandi Utomo selalu memberi nasehat agar lingkungan dijaga. Beliau itu tokoh yang tidak saja peduli kepada masyarakat, tetapi juga lingkungan supaya tetap asri dan nyaman," ujarnya.

Munaki memastikan, Fandi Utomo sangat layak menjadi Wali Kota Surabaya dalam Pilwali mendatang. Tokoh yang memiliki kepedulian yang tinggi kepada lingkungan menjadi solusi di tengah-tengah kondisi Surabaya yang kerap dilanda banjir.

"Kalau Surabaya tak pengin banjir lagi, pak Fandi harus duduk menjadi wali kota," imbuh dia.


Topik

Lingkungan surabaya berita-surabaya Relawan-Fandi-Utomo Kali-Brantas DKP-Kota-Surabaya Program-bersih-bersih-sungai-di-Surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni