Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Antisipasi Corona, Lapas Blitar Ganti Jam Besuk Warga Binaan dengan Video Call

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

17 - Mar - 2020, 16:07

Placeholder
Sejumlah warga binaan di Lapas Blitar memanfaatkan fasilitas video call untuk bersilaturahmi dengan keluarga.(Foto : Team BlitarTIMES)

Suasana di Lapas Kelas II Blitar tampak berbeda dengan hari biasanya. Tak ada antrean pembesuk berjubel di depan pintu gerbang lapas. 

Hal ini karena pihak lapas memang meniadakan jam besuk untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebagai gantinya, warga binaan bisa melepas rindu dengan keluarga melalui fasilitas video call yang disediakan Lapas Kelas II B Blitar. 

Secara bergantian, satu per satu warga binaan menghubungi keluarganya melalui layar android selama lima menit.

Andik, salah satu warga binaan, mengaku senang dengan fasilitas yang diberikan. Dengan fasilitas video call ini, dia justru bisa bertatap muka dengan istrinya yang bekerja sebagai pekerja migran Indonesia (PMI) di Hongkong.

"Sudah enam bulan saya sama sekali tidak berkomunikasi dengan istri saya karena di sini adanya telepon wartel yang tidak bisa telepon ke luar negeri. Ini ada kesempatan, ya tentu saya senang sekali," ungkap Andik.

Pelaksana Tugas Harian Kepala Lapas Kelas II B Blitar Johanes Agus Mijanto mengatakan, langkah ini merupakan upaya dari Lapas Kelas II B Blitar untuk melindungi warga binaan. Meski meniadakan jam besuk, pihaknya tidak menutup akses komunikasi warga binaan dengan keluarga dengan menyediakan fasilitas video call.

"Ini sebagai upaya kami melindungi warga binaan terkait dengan perkembangan virus corona. Jadi, jam besuk ditiadakan, namun komunikasi tidak kami tutup. Kami sediakan fasilitas video call agar warga binaan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah masing-masing. Jadi, keluarga tidak perlu ke sini," terang Johanes.

Teknisnya, warga binaan cukup menyerahkan nomor telepon keluarga yang akan dihubungi. Kemudian nomor itu akan di-input ke handphone yang sudah disediakan petugas lapas. "Setelah itu warga binaan tinggal menunggu giliran melalukan video call melalui aplikasi WhatsApp atau Google Duo," imbuhnya.

Johanes menambahkan, meski tak ada jam besuk,  keluarga masih tetap bisa mengirimkan makanan dan kebutuhan warga binaan. "keluarga masih bisa mengirim kiriman, baik makanan dan kebutuhan lainnya. Kami tampung di depan. Nanti akan dicek petugas barang-barang apa saja yang boleh dibawa masuk," pungkasnya.


Topik

Serba Serbi blitar-berita-blitar Virus-Corona Antisipasi-Corona Kota-Blitar Ganti-Jam-Besuk-dengan-Video-Call Lapas-Kelas-II-Blitar aplikasi-WhatsApp-atau-Google-Duo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy