Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mortir yang Ditemukan Pemulung di Kelurahan Kauman Diduga Bekas Perang Dunia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

24 - Mar - 2020, 12:26

Placeholder
Mortir yang ditemukan oleh seorang pemulung dilahan kosong dikawasan Jalan Hasyim Asy'ari (Ist)

Mortir yang ditemukan di sebuah lahan kosong di kawasan Jalan KH Hasyim Asy'ari, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang (23/3/2020) diduga merupakan bekas peninggalan perang dunia.

Mortir tersebut ditemukan seorang pemulung yang tengah mencari sampah, terlihat tergeletak di rerumputan. 

Saat ditemukan, mortir dengan panjang sekitar 30 cm tersebut terlihat sudah berkarat, menandakan telah berusia puluhan tahun.

Pecinta sejarah militer, yang juga merupakan pendiri museum Reenactor, Mohammad Farid menjelaskan mortir tersebut diduga digunakan pasukan infantri Belanda saat agresi militer di Malang pada 1947.

"Mortir tersebut tergolong mortir kelas berat dan biasa ditembakkan dengan senjata British mortar 3 inchi. Radius ledakanpun cukup luas, sekitar 10 meteran," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, melihat kondisi mortir dari foto usia ditemukan, diduga belum sempat digunakan oleh sang pemilik saat itu.

Hal ini terlihat dari pemicu pada bagian depan mortir masih dalam kondisi tertutup.

"Pemicunya di bagian depan itu. Kalau melihat masih tertutup bisa jadi memang belum sempat ditembakkan. Melihat kondisinya yang berkarat, harus tetap hati-hati, karena bisa saja meledak seperti mortir yang baru," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pemulung menemukan mortir di sebuah lahan kosong di kawasan Jalan Hasyim Asy'ari, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Usai menemukan mortir, pemulung tersebut lantas melaporkan kepada seorang tukang parkir dan segera memberitahu pihak kelurahan. 

Pihak kelurahan kemudian meneruskan ke Polsek Klojen.

Pihak polsek lalu berkordinasi dengan tim Jihandak Brimob dari Detasemen B Polda Jatim untuk melakukan evakuasi.

Mortir tersebut kemudian dibawa ke Mako Brimob dan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui aktif tidaknya senjata tersebut.

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-hari-ini Mortir Jalan-Hasyim-Asy'ari diduga-merupakan-bekas-perang-dunia Polsek-Klojen tim-Jihandak-Brimob



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto