Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bagi Yang Masih Bandel, Ini Pentingnya Jaga Jarak untuk Cegah Covid-19

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

29 - Mar - 2020, 17:45

Placeholder
Ilustrasi social distancing. (Foto: iStock)

Wabah pandemi virus corona atau covid-19 yang semakin meluas ke seantero penjuru dunia membuat semua pihak meningkatkan kewaspadaan.

Berbagai kebijakan untuk mencegah penyebaran penularan virus corona juga dilakukan oleh setiap daerah, tak terkecuali di Indonesia.

Beberapa di antaranya, masyarakat tanah air diminta untuk menerapkan social distancing (jaga jarak berinteraksi) dan physical distancing (batasi kontak orang per orang). 

Sayangnya, di berbagai daerah, termasuk di Kota Malang. kebijakan ini masih sering dilanggar. Karena itu, setiap malam, jajaran Forkopimda Kota Malang masih juga menemui kerumunan-kerumunan masyarakat hingga harus ditertibkan, guna menganulir penyebaran penularan covid-19.

Padahal, organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah jelas menilai penerapan social distancing dan physical distancing ampuh untuk mencegah penyebaran covid-19.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kota Malang dr Bayu Tjahjawibawa mengatakan, salah satu penularan covid-19 adalah melalui droplet atau percikan sekret saluran napas. Karena itu, jaga jarak sangat dianjurkan untuk menghindari hal tersebut.

"Misal, saat seseorang sedang sakit kemudian batu atau bersin, droplet atau percikan itu mungkin saja mengandung virus. Inilah yang bisa menularkan apabila kita terpapar. Karena itu, penting untuk menerapkan social distancing atau phsycal distancing untuk menghindari hal itu," jelasnya.

Sesuai aturan WHO, menjaga jarak dengan orang lain setidaknya minimal sejauh 3 kaki atau 1 meter saat orang tersebut batuk atau bersin. "Jika terlalu dekat, maka percikan itu bisa terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Jaga jarak 1-2 meter, maka aman dari penyebaran droplet," imbuhnya.

Apalagi, droplet ini bersifat jatuh. Artinya bisa menempel di mana saja. Baik itu pada telapak tangan, gagang pintu, bolpoin, pegangan kereta, sumpit, laptop, tombol lift, tangga, bahkan juga menempel pada sisi luar masker (bagi orang yang sehat).

Untuk itu, selain menerapkan jaga jarak, masyarakat diharapkan mampu menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan enam langkah setiap akan atau sesudab beraktivitas.

"Itulah mengapa social distancing dan physical distancing sangatlah penting untuk saat ini demi mencegah semakin tersebarnya virus corona. Jangan lupa juga setiap akan dan sesudah beraktivitas untuk selalu mencuci tangan dengan sabun," jelasnya.


Topik

Peristiwa social-distancing-dan-physical-distancing pentingnya-social-distancing manfaat-physical-distancing mengatasi-virus-corona mencegah-virus-cina-corona



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy