Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Cegah Penyebaran Corona, Camat Kalibaru Minta Pendatang Lakukan Program Isolasi Mandiri

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Heryanto

02 - Apr - 2020, 18:03

Placeholder
Camat Kalibaru A Nuril Falah melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan di Kalibaru Banyuwangi (Foto : Nurhadi/ BanyuwangiTIMES)

Meskipun sampai detik ini di wilayah Kalibaru Banyuwangi belum ditemukan warga yang positif terkena Covid 19, petugas kesehatan dan  sejumlah pihak terkait tetap waspada. 

Salah satunya terus melakukan pengawasan terhadap beberapa orang yang datang dari zona merah seperti Jakarta Surabaya dan Bali.

Ahmad Nuril Falah, Camat Kalibaru mengatakan pihaknya juga meminta agar mereka melaksanakan program isolasi mandiri selama empat belas hari, walaupun kadang yang bersangkutan menyampaikan kepada petugas bahwa mereka tidak terjangkit virus mematikan ini.

"Kami meminta tetap standby karena lingkungan belum semua bisa atau belum tentu menerima kehadiran mereka yang datang dari Kabupaten/kota yang masuk zona merah,"jelasnya.

Mantan pengurus PC NU Banyuwangi itu menuturkan pada dasarnya warga yang tinggal di wilayah pegunungan relatif lebih tenang dan lebih siap. 

Karena sampai hari ini aktivitas berkebun di lingkungan masing-masing tetap berjalan. Akan tetapi tetap mengikuti standard operational procedure (SOP) dan berusaha meminimalisir pertemuan dengan orang dari luar.

Selanjutnya, Kalibaru sebagai salah satu pintu masuk Banyuwangi dari arah barat  mulai Rabu (1/4) Forpimka plus telah melakukan sebuah upaya pencegahan bersebaran virus Corona ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada setiap kendaraan yang melintas.

"Di pintu barat setiap kendaraan yang masuk wilayah kabupaten Banyuwangi kami lakukan penyemprotan disinfektan baik roda dua,  empat atau lebih. Apabila kendaraan tersebut membawa penumpang kami minta penumpangnya turun dan kendaraannya disemprot," imbuh dia.

Dia menambahkan dalam upaya meminimalisir persebaran Covid 19 khususnya di kawasan pasar tradisional atau pasar desa,  kebijakan lokal yang diputuskan oleh Forpimka adalah meminta para kepala desa agar membatasi jam operasional sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Demikian pula terkait keberadaan pasar modern, cafe, warung maupun restoran di Kalibaru aparat meminta agar pengelola mematuhi anjuran pemerintah misalnya menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak sosial, mematuhi jam operasional dan lain sebagainya.

 


Topik

Kesehatan banyuwangi berita-banyuwangi berita-hari-ini corona-di-indonesia covid19-di-indonesia upaya-pencegahan-corona Camat-Kalibaru Ahmad-Nuril-Falah Minta-Pendatang-Lakukan-Program-Isolasi-Mandiri Penyemprotan-Disinfektan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Heryanto