Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Pasien Covid-19 yang Sembuh Bisakah Terinfeksi Lagi?

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : A Yahya

07 - May - 2020, 12:40

Placeholder
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock).

Jumlah pasien positif Covid-19 baru terus bertambah. Tapi, banyak juga pasien positif yang sudah sembuh. 
Kabar simpang siur kabar beredar jika pasien positif Covid-19 yang telah sembuh, tidak akan bisa terjangkit lagi. Tapi, benarkah demikian?

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyatakan pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh masih bisa kembali terjangkit.

Hal itu bergantung pada bagaimana kondisi imunitas atau kekebalan tubuh seseorang itu sendiri.

"Bisa (terjangkit Covid-19 lagi), karena ini virus. Virus itu ada di dalam tubuh dan berkembang mana kala kondisi tubuh dalam hal ini imunitas daya tahan tubuhnya turun," terangnya.

Memang, pasien bisa dikatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani tes swab atau PCR (polymerase chain reaction) selama 2 kali berturut-turut hasilnya negatif.

Namun, masih ada batas pelindung antibodi di dalam tubuh yang bisa menjadikan imunitas dalam diri seseorang itu belum baik secara sempurna.

"Jadi pemeriksaan PCR atau swab itu menentukan titer daripada anti bodi. Ada batasnya, tapi saya belum bisa tau, sebatas mana titer anti bodi ini dikatakan sudah negatif. Sehingga kalau sudah negatif itu dinyatakan bahwa di dalam tubuh sudah tidak terkonform Covid-19. Tapi, virusnya tetap masih ada," jelasnya.

Hal inilah menurutnya yang bisa menjadikan seseorang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 bisa terjangkit kembali. Terlebih, jika seseorang yang sudah dinyatakan sembuh ini tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Nah, inilah (virus) yang suatu saat akan muncul mana kala protokol-protokol kesehatan itu tidak dijalankan," kata Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang ini.

Karenanya, Husnul mengimbau bagi pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Serta, tetap melakukan pembatasan sosial dengan jaga jarak.

"Iya betul (harus tetap menjalani protokol kesehatan Covid-19) sampai pandemi ini selesai. Juga yang kami sampaikan kepada yang sudah sembuh itu, yakni untuk tetap menerapkan physical distancing dan social distancing. Keluar rumah tetap harus memakai masker, protokolnya seperti itu," tandasnya.

Untuk diketahui, data kasus Covid-19 Kota Malang per tanggal 6 Mei 2020, pasien positif masih tercatat sebanyak 18 kasus. Dari jumlah tersebut, 8 pasien sudah dinyatakan sembuh. Sementara, 10 lainnya hingga kini masih menjalani perawatan.


Topik

Kesehatan malang berita-malang berita-hari-ini covid19-di-indonesia update-covid19 pasien-positif-covid19 Apakah-Bisakah-Terinfeksi-Lagi Dinkes-Kota-Malang dr-Husnul-Muarif



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

A Yahya