Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemprov Jatim Salurkan 20 Ribu Paket Bansos ke Kabupaten Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

16 - May - 2020, 13:28

Placeholder
Bupati Blitar Rijanto me-launching distribusi bantuan pangan dari Pemprov Jatim. (Foto: Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim terus mempercepat penyaluran bantuan untuk warga selama pandemi Covid-19. 

Sebanyak 20.000 paket Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) didistribusikan ke Kabupaten Bitar untuk meringankan beban warga terdampak pandemi.

BPNT bantuan Pemprov Jatim mulai disalurkan pada Sabtu (16/5/2020). 

Baca Juga : Wakil Rakyat Kota Blitar Gusar dengan Serapan Anggaran Daerah yang Rendah

Di kesempatan ini, Gubernur Jatim juga menyalurkan top up bagi warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Blitar. Bantuan top up sebesar Rp 200 ribu diberikan kepada penerima bantuan non tunai dari desa/kelurahan.

Bantuan dari gubernur di-launching dan diberangkatkan Bupati Blitar Rijanto bersama Sekda Totok Subihandono, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Blitar di Pendopo Sasana Adi Praja di Kanigoro.

Dalam sambutanya, Bupati Blitar Rijanto, menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada warga Jawa Timur yang terdampak Covid-19. 

Pemprov Jatim memberikan kewenangan penuh bagi kabupaten atau kota dalam penyaluran bantuan sosial. 

Gubernur mendorong slogan CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif) harus menjadi ruh pelayanan pada seluruh masyarakat.

“Gubernur memberikan keleluasaan kepada kabupaten/kota untuk pendistribusian bantuan. Untuk pelaksanaannya, kami dari Pemkab Blitar selain penyaluran bansos juga mendorong pemberdayaan ekonomi bagi UMKM di Kabupaten Blitar," ujarnya. 

Tak hanya disalurkan kepada masyarakat, bantuan tersebut juga dibeli dari produk-produk lokal Blitar.

"Sembako yang disalurkan ini kami ambil dari produk-produk Blitar. Isinya antara lain beras, minyak, telur dan produk-produk UMKM,” terang Bupati Rijanto.

Baca Juga : Demi Mei Covid-19 Turun, Pemprov Jatim Bimbing Kota Surabaya

Presiden dan Gubernur Jatim mendorong agar distribusi bansos selesai sebelum lebaran. Hal tersebut direspons bupati Blitar agar penyaluran BPNT dan program bansos lainya tidak boleh terhambat. 

Untuk itulah, Rijanto mendorong Pemkab Blitar bersama jajaran TNI-Polri benar-benar mengawal secara langsung pendistribusiannya. Bupati ingin memastikan seluruh proses berjalan dengan baik.

“Kami mendorong agar penyaluran bansos selesai sebelum lebaran. Saya berharap masing-masing desa memasang data yang mendapat bantuan sosial supaya semuanya tahu, masalah data ini pasti ada permasalahan. Pemerintah selalu berupaya mengatasi masalah data tersebut dengan selalu memvalidasi data. Pemkab bersama TNI-Polri bersinergi dalam penyaluran bansos. InsyaAllah dengan kekompakan kita bersama kita bisa mengatasi masalah ini sampai virus Covid-19 pergi dari Bumi Nusantara. Doa kita bersama, kita kompak bisa,” pungkas bupati.(Adv/Kmf)

 

 


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar berita-hari-ini pandemi-covid19 Pemprov-Jatim Salurkan-20-Ribu-Paket-Bansos Bantuan-Pangan-Non-Tunai Bantuan-ke-Kabupaten-Blitar Bupati-Blitar-Rijanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri