Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Beri Dukungan, Muslimat NU Surabaya Berharap Pemberdayaan UMKM oleh Machfud Arifin

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Jun - 2020, 16:50

Placeholder
Machfud Arifin ketika menerima tamu dari Muslimat NU Surabaya


Pengurus Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Surabaya bersilaturahmi ke kediaman Machfud Arifin. Mereka berjanji akan mengajak warga muslimat untuk memenangkan calon walikota itu di Pilwali Surabaya pada 9 Desember 2020.

"Insya Allah kita bergerak memenangkan Pak Machfud, karena program programnya jelas dan serasi dengan program Muslimat NU," jelas Lilik didampingi tiga pengurus Muslimat NU Kota Surabaya saat bertemu Machfud Arifin.

Dukungan dari keluarga besar NU ini bukan kali pertama diberikan kepada mantan Kapolda Jatim ini. Sebelumnya Rois Aam PBNU KH Miftahul Achyar dan Ketua Umum Prof Dr Said Aqiel Siradj juga mendukung Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. 

"Pak Machfud cocok memimpin Surabaya. Beliau sudah terbukti maslahat bagi warga nahdliyin," kata KH Miftahul Achyar. Bahkan Kiai Miftah sampai membuat tumpeng dan mendoakan secara khusus kepada Machfud Arifin terpilih menjadi Wali Kota Surabaya saat Machfud sowan ke pondok pesantrennya di Jalan Kedung Tarukan beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua Muslimat NU Kota Surabaya Lilik Fadilah, visi dan misi Machfud Arifin sangat cocok dengan kebutuhan warga Surabaya. Ini sejalan dengan program Muslimat di bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi.

"Dari diskusi dengan Pak.Machfud akan ada peningkatan di bidang pendidikan dan kesehatan. Di bidang keagamaan juga akan diperbaiki. Program program Pak Machfud sangat sesuai dengan program Muslimat NU," papar Lilik yang mempunyai 30 ribu anggota Muslimat NU se-Surabaya.

Ia menceritakan, pada Pilwali Surabaya sebelumnya, warga Muslimat NU hanya dilibatkan di awal. Tapi dilupakan ketika sudah menjabat Walikota.

"Sudah berulangkali kami mengajukan program pemberdayaan UMKM, tapi tidak pernah direalisasikan hingga sekarang," jelasnya.

"Ke depan walikota harus berkolaborasi dengan senua elemen masyarakat, termasuk dengan Muslimat NU. Sehingga ada keserasian membangun kota Surabaya," harapnya.

Dia menegaskan Muslimat NU bukan organisasi politik dan tidak terlibat politik praktis. "Saya dan teman teman hadir secara pribadi bertemu Pak Machfud. Kami akan bergerak memenangkan Pak Machfud," katanya.

Machfud Arifin sendiri berterima kasih atas dukungan yang diberikan pengurus Muslimat NU Surabaya. Dukungan itu menjadi kekuatan besar dalam menghadapi Pilwali Surabaya.

"Muslimat punya jaringan sampai di tingkat RW dan RT. Mudah mudahan lebih menyemangati saya lagi," ungkap pensiunan jenderal bintang dua yang dikenal merakyat ini.

Machfud yang asli arek Suroboyo ini berjanji tidak akan meninggalkan Muslimat NU jika ditakdirkan terpilih menjadi Walikota Surabaya.

"Insya Allah saya tidak akan pernah melupakan Muslimat NU. Tidak hanya dijadikan lengkuas dan daun salam. Muslimat harus dilibatkan dalam pembangunan di Surabaya," janji calon wali kota yg didukung PKB, Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem, PAN dan PPP ini.

Pengurus Muslimat NU Kota Surabaya bertambah semangat mendukung Machfud usai berdiskusi langsung dengan Lita Machfud Arifin yang ikut pertemuan. Istri Machfud ini ternyata pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang selama ini concern dan aktif membina UMKM, terutama di kalangan ibu-ibu.

Lita menegaskan pemerintah seyogianya tidak hanya memberikan pelatihan. Tapi juga memfasilitasi para UMKM untuk menghasilkan produk produk hingga membantu memasarkannya.

"UMKM harus dibina dan dibantu. Misalnya desainnya dan mendapatkan bahan bahannya yang murah. Sehingga bisa bersaing di pasaran," terang Lita sambil menunjukkan beberapa kain batik hasil desainnya sendiri yang dikerjakan UMKM UMKM binaannya.

"Setelah bertemu dan sharing dengan Bu Lita, kami makin mantap. Inilah yang kami cari untuk memberdayakan UMKM dan ibu ibu di Surabaya," kata para pengurus Muslimat.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni