Pemkot Batu saat meninjau tenpat relokasi di kawasan Stadion Brantas beberapa saat lalu.
Pemkot Batu saat meninjau tenpat relokasi di kawasan Stadion Brantas beberapa saat lalu.

Agustus ini  para pedagang pasar pagi di Pasar Besar Kota Batu bakal direlokasi. Mereka akan direlokasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu ke awasan Stadion Brantas, Kecamatan Batu.

“Targetnya relokasi bisa dilakukan secepatnya. Targetnya Agustus ini pedagang bisa relokasi,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu Eko Suhartono. 

Baca Juga : Demi Jaga Jarak, Mutasi 322 ASN di Lumajang Dilaksanakan di Stadion

“Para pedagang pasar pagi setuju kalau relokasi sebelah selatan Stadion Brantas. Selanjutnya akan mempersiapkan kebutuhan sarana dan prasarananya,” imbuhnya.

Hingga saat ini, prasarana dan sarana yang dibutuhkan oleh para pedagang itu mulai disiapkan. Namun relokasi yang dilakukan oleh pedagang itu dilakukan secara bertahap. 

Pada tahap pertama, ada 1.097 pedagang yang akan menempati kawasan Stadion Brantas. Kemudian dilanjutkan oleh pedagang unit I dan pasar buah.

“Relokasi pedagang ini seluruhnya kurang lebih 3.200 pedagang yang ada di seluruh Pasar Besar Kota Batu. Seluruhnya di relokasi di Stadion Brantas,” tambah Eko.

Luas seluruh kawasan Stadion Brantas dan pedagang pasar berimbas pada ukuran lapak untuk setiap pedagang. Satu lapaknya berukuran 1,5 meter.

“Semula 4 meter. Tapi karena luasan dan pedagang banyak sehingga ukurannya 1,5 meter per lapak. Melihat kondisinya seperti ini,” terangnya.

Baca Juga : Kota Malang Masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Sepasar Pedas Kemen PANRB

Sementara itu, revitalisasi dipastikan pada tahun 2021 mendatang. Anggaran pembangunan tersebut angsung dari pemerinta pusat.

Karena itu, pada akhir tahun 2020, area Pasar Besar Kota Batu harus sudah rata dengan tanah. Sehingga relilokasi harus dilakukan dengan cepat.