Salah satu pembangunan Pemkot Batu.
Salah satu pembangunan Pemkot Batu.

Sembilan paket tender proyek yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) di Kota Batu terpaksa dibatalkan. Paket tender itu dibatalkan lantaran pandemi covid-19.

Sembilan paket proyek itu mulai rehabilitasi jaringan irigasi saluran di Sumber Sumberan. Lalu peningkatan ruas Jalan Agus Salim, Jalan Wukir, dan di Jalan Abdul Gani. Juga rehabilitasi jaringan irigasi saluran di Sumber Torongsisir.

Baca Juga : Dispendukcapil Beri Terobosan Baru Cetak Adminduk Mandiri dengan Kertas HVS

Selanjutnya rehabilitasi jaringan irigasi saluran di Sumber Torongbelok. Juga rehabilitasi jaringan irigasi saluran di Dumber Ngukir Mranak dan rehabilitasi jaringan irigasi saluran di Sumber Watugede.

Kemudian paket pekerjaan belanja akomodasi kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi ASN dan non-ASN daerah (pelatihan kepemimpinan kepengawasan).

“Paket tender ini batal terbanyak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu serta  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM),” ucap Kepala Bagian Layanan Pengadaan Sekda Kota Batu Onny Ardianto.

Dibatalkannya tender proyek itu memang didominasi  DPUPR Kota Batu lantaran menindaklanjuti surat Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 8-247/MK/07/2020 perihal penghentian poses pengadaan barang atau jasa dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2020. “Karena memang instruksi menteri keuangan sehingga harus ditindaklanjuti,” ucapnya.