Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Ubah Sampah Koran Bekas jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Penulis : Satria Romadhoni - Editor : Dede Nana

08 - Aug - 2020, 16:32

Placeholder
Foto teguh yuliono(ogros) pengrajin sampah koran bekas

Pernahkah Anda berpikir jika barang bekas atau sampah bisa diubah menjadi barang bernilai tinggi? 

Nah, di tangan kreatif Teguh Yuliono (Teguh Ogros) warga Dusun Padas Dua, Desa Padas, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, kertas koran bekas mampu disulapnya menjadi barang bernilai tinggi.

Baca Juga : Tak Gengsi, Dokter Ini Juga Geluti Kerajinan Tangan

Tak hanya elegan dan menawan, barang kerajinan dari koran bekas yang dihasilkannya mulai mendatangkan rupiah. Minimal itu bisa membantu kebutuhan ekonomi keluarganya, di tengah krisis pandemi Covid-19.

Bapak anak satu ini memang belum lama menekuni dunia usaha kerajinan koran bekas. Dia mulai merintis usaha menjadi perajin koran bekas sekitar empat bulan lalu, setelah tak lagi bekerja di Bali.

"Setelah sempat nganggur ndak kerja lagi di Bali, muncul ide memanfaatkan tumpukan koran bekas di rumah menjadi handycraft" tutur Teguh Ogros di kediamannya, Sabtu (8/08/2020).

Kendati tidak memiliki karyawan, ia sudah mampu menghasilkan kerajinan koran bekas. Diantaranya tas, dompet, sandal, kotak tissu, miniatur kendaraan, songkok hingga perlengkapan hantaran pernikahan.

Hanya saja, produksi hasil kerajinannya masih sebatas pesanan, belum skala besar karena terbentur modal. Karenanya dirinya berharap ada bantuan permodalan dari pihak lain. Terutama modal untuk beli kompresor dan pemotong kertas agar bisa berkarya lebih baik dan tentunya dalam jumlah besar.

Teguh Ogros mengaku harga jual per item hasil karyanya variatif, tergantung tingkat kerumitan dan lamanya waktu pembuatan.

"Biasanya saya jual kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu" terang Teguh Ogros.

Baca Juga : Viral Jadi Perbincangan, Ini Profil Kades Penggali Kubur dari Blitar

Untuk membuat beragam kerajinan dari kertas koran bekas tersebut, Teguh Ogros mengaku hanya menggunakan alat bantu cukup sederhana, yakni pemotongan kertas, lem, cat, clear, waterproof dan kayu.

Untuk memenuhi selera pasar, kerajinan tangan yang diproduksinya dibuat beragam model dan variasi warna sehingga mampu menarik pembeli.

Yang pasti, menurutnya, Rumah kreatif ESENS (Etan Sendang Soka) yang menjadi brand produknya mampu memanfaatkan limbah koran bekas menjadi bermanfaat dan tak kalah penting bisa membantu ekonomi keluarga.

“Terpenting bisa memanfaatkan sampah koran jadi berkah bagi ekonomi keluarga" tegas Teguh Ogros singkat.


Topik

Profil



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Satria Romadhoni

Editor

Dede Nana