Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Masuki Bulan Kemerdekaan, Ini Langkah DLH Kota Malang Jaga Kebersihan Lingkungan

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Aug - 2020, 08:43

Placeholder
Petugas kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan pembersihan di jalanan (Hendra Saputra)

Memasuki bulan Agustus yang juga akan menyambut hari jadi ke 75 Republik Indonesia tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang terus berupaya melakukan pembersihan lingkungan di sungai ataupun di jalan.

Meski begitu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho atau yang akrab disapa Joe mengaku bahwa kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan ketika ada event saja, karena meskipun tidak ada hari besar atau event pihaknya terus melakukan pembersihan.

Baca Juga : Bupati Jombang Persilakan Warganya Gelar Hajatan, Ini Syaratnya

Kebersihan memang selalu menjadi tugas utama bagi DLH agar Kota Malang terlihat bersih dan menghasilkan udara yang sehat. Namun perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia akan sangat terasa sakral jika dibandingkan hari biasanya.

Oleh karena itu, DLH Kota Malang berupaya untuk membuat Kota Malang menjadi sedap dipandang kala masyarakat memperingati kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Hal itu sejalan dengan apa yang dilakukan masyarakat ketika membuat kawasan sekitarnya semakin semarak dan meriah dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia, seperti membuat hiasan lampu dan membuat daerahnya bersih dari sampah.

"Di dalam benak saya, setiap hari Kota Malang harus bersih, meskipun masih ada saja yang tertinggal, tapi masih wajar saja, karena sampah ada setiap hari," ungkap Joe.

Joe mengungkapkan bahwa sampah yang tertinggal biasanya berasal dari daun yang jatuh dan memang tidak bisa diprediksi, karena setiap hari selalu saja ada daun yang gugur. Maka dari itu meski anggotanya melakukan pembersihan, masih selalu ada sampah daun yang tersisa.

"Kalau sampah daun memang tidak bisa kami prediksi, tapi kami selalu berusaha maksimal untuk Kota Malang agar selalu bersih," katanya. Apalagi saat ini angin yang selalu berhembus kencang membuat daun kerap jatuh berguguran.

Baca Juga : Anggaran PAK Disusun, Dewan Minta Pembangunan Jalan Rusak Hingga Drainase Jadi Prioritas

Dalam upaya membuat Kota Malang yang semakin bersih itu Joe tidak bosan berpesan kepada anggotanya agar setiap hari bekerja maksimal. "Saya juga selalu pesan kepada anggota, agar kerja tuntas sehingga tidak ada lagi pekerjaan yang menumpuk," harapnya.

Di sisi lain, Joe juga berharap kesadaran dari masyarakat agar bisa bersama menjaga kebersihan. "Jika masyarakat bisa menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, kami akan lebih mudah membuat Kota Malang semakin bersih," tandasnya.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri