Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Memiliki kulit wajah yang sehat dan mulus pasti menjadi impian semua perempuan. Selain melakukan perawatan rutin di salon, melakukan perawatan secara mandiri di rumah tentu akan memberi kepuasan dan nilai plus sendiri.

Itu sebabnya, para perempuan sangat sering melakukan perawatan di rumah, terutama saat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Salah satu perawatan yang tak pernah luput dan dilupakan adalah pemakaian masker wajah. Karena masker menjadi salah satu cara untuk menjaga kelembaban kulit serta mengembalikan nutrisi agar tetap sehat.

Baca Juga : Stylish, Hijabers Cantik Dewi Fitri Handayani Punya 5 Paduan Busana Pakai Bawahan Kulot

Saat ini, masker lidah buaya termasuk masker yang tengah hits dan begitu banyak digandrungi oleh para kaum hawa. Karena selain memberikan manfaat bagi rambut, lidah buaya nyatanya memiliki ratusan kandungan yang sangat baik untuk kecantikan perempuan.

Dilansir dari situs harapanrakyat.com, tanaman lidah buaya sangat berkhasiat untuk merawat kulit wajah. Komponen yang ada di dalam lidah buaya di antaranya adalah kandungan vitamin, mineral, asam amino, enzim, polisakarida, serta asam lemak.

Sehingga lidah buaya menjadi salah satu obat herbal serbaguna, termasuk untuk perawatan wajah. Bahkan pemanfaatan lidah buaya sebagai pengobatan sudah digunakan sejak lima ribu tahun yang lalu.

Daun lidah buaya sendiri  sebagian besar berisi cairan seperti gel dan sebagian besar lagi merupakan air. Keunggulan dan khasiat lidah buaya untuk perawatan wajah diantaranya adalah karena kaya nutrisi untuk kulit.

Lidah buaya mengandung beragam vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, niasin, asam folat, dan kolin. Lidah buaya juga kaya mineral kalsium, magnesium, natrium, besi, seng, tembaga, kromium, selenium, kalium, dan mangan.

Masker lidah buaya mengandung sekitar 22 asam amino yang bermanfaat untuk tubuh dan kulit. Tanaman ini ternyata mengandung beragam jenis asam lemak yang tubuh butuhkan.

Lidah buaya juga mengandung tiga jenis sterol, yaitu HCL kolesterol, B-sitosterol, dan campesterol. Sterol berkhasiat untuk menurunkan lemak dalam darah, meredakan alergi, dan mengatasi gangguan asam dalam pencernaan.

Bukan hanya Itu, lidah buaya sebagai analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit pada luka. Tanaman ini juga mengandung antipruritic, yaitu zat yang dapat mengurangi atau mencegah gatal.

Lidah buaya mengandung “vulnerary” yang banyak dimanfaatkan kalangan industri kosmetik untuk produk kecantikan. Kandungan ini berkhasiat menyembuhkan luka kulit dan bagus untuk meredakan luka bakar, lecet, psoriasis, maupun mengatasi jerawat.

Selain itu lidah buaya juga mengandung zat yang dapat menyebabkan kontraksi pada jaringan badan. Sehingga banyak yang menggunakan herbal ini untuk mengurangi pendarahan dari luka kecil.

Bukan hanya itu, masker lidah buaya juga mempunyai kandungan emolien yang ampuh dalam melembutkan dan menyegarkan kulit. Zat emolien ini berkhasiat menyamarkan kerutan akibat penuaan dini.

Baca Juga : Inspirasi Padu Padan Vest, Mulai Formal Look, Boyish, Hingga Playfull

 

Selain itu lidah buaya mengandung kadar air yang sangat tinggi yang berguna untuk melembabkan dan meremajakan kulit. Lidah buaya juga berguna meningkatkan elastisitas kulit yang mempercepat perbaikan kolagen dan elastin.

Nah, untuk yang ingin membuat masker lidah buaya sendiri di rumah, berikut ini beberapa cara membuat masker lidah buaya. Selain menggunakan lidah buaya, tentu bisa menambahkan beberapa bahan kecantikan lain di dalamnya.

Pertama masker lidah buaya tanpa penambahan bahan lain. Untuk masker ini, maka bisa cukup hanya menggunakan lidah buaya. Untuk membuatnya, tinggal mengupasnya dan mengambil daging buahnya yang berwarna bening serta menampungnya dalam mangkuk kecil.

Untuk menggunakannya, bersihkan wajah dan oleskan daging buah lidah buaya pada wajah secara merata dengan menggunakan kuas. Diamkan sekitar 20 menit agar nutrisinya meresap ke dalam kulit lalu bilas dengan air bersih.

Sedangkan yang ingin menambahkan bahan lain, seperti madu, pepaya, ketimun, dan lainnya, bisa langsung ditambahkan saja.

Masker campuran dengan buah pepaya bisa membuat wajah terlihat glowing. Begitu juga tambahan madu berguna untuk menghilangkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit. Lidah buaya dan putih telur juga ampuh menghilangkan kerutan.

Untuk cara membuat masker lidah buaya campuran ini sangat mudah. Langkahnya adalah memasukkan gel lidah buaya dan bahan lain dalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata tanpa menambahkan air. Setelah itu siap digunakan sebagai masker waja.

Nah, itu tadi tips membuat masker wajah untuk mempercantik diri. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.