Penyerahan hasil verifikasi bapaslon oleh KPU Banyuwangi. Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Penyerahan hasil verifikasi bapaslon oleh KPU Banyuwangi. Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi memberikan kesempatan kepada dua bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati untuk melengkapi kekurangan  berkas pendaftaran. Kedua pasangan yakni Ipuk Fiestandani Azwar Anas-H Sugirah serta H Yusuf Widyatmoko-KH Muhammad Riza Azizy.

Menurut Ari Mustofa, komisioner divisi teknis penyelenggaraan KPU Banyuwangi, kedua bapaslon tersebut diberi kesempatan untuk melengkapi kekurangan berkas sampai 16 September 2020 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. "Ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi oleh kedua paslon. Antara lain laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN) yang masih dalam proses  dan SPT tahunan yang masih belum lengkap,” jelasnya.

Baca Juga : KPU Tetapkan DPS Pemilihan Bupati-Wakil Bupati, Masyaraat Diharapkan Beri Tanggapan

Ari menambahkan, kekurangan bapaslon  yang lain adalah visi misi masing-masing belum lengkap. Demikian pula susunan tim pemenangan dan tim kampanye masing-masing mulai tingkat kabupaten, kecamaan, dan tingkat desa/kelurahan.

Dia menuturkan, dalam melaksanakan tahapan pendaftaran paslon cabup-cawabup,  KPU Banyuwangi menggelar rapat pleno terbuka dengan tim pasangan calon dan partai pengusung pada Senin (14/09/2020) kemarin. Rapat yang digelar untuk menyerahkan hasil verifikasi persyaratan bakal calon itu sebagaimana amanat dari Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal serta Pencalonan Pemilihan Tahun 2020.

Rapat dipimpin langsung Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini dan diikuti  beberapa komisioner lainnya. Hasil verifikasi dan pemeriksaan disampaikan langsung oleh Ari Mustofa kepada tim pengusung bakal calon.

Selanjutnya Ari menambahkan, apabila sampai batas akhir masa perbaikan berkas bapaslon tidak bisa melengkapi, maka KPU Banyuwangi tidak akan bisa menerima pencalonan. Selain itu, pada 23 September 2020 KPU Banyuwangi tidak menetapkan kedua pasangan calon (paslon).

Baca Juga : Berkas Persyaratan Bapaslon SanDi Dinyatakan Lolos Verifikasi oleh KPU Kabupaten Malang

Acara penyerahan berkas verifikasi tersebut dihadiri oleh narahubung atau liaison officer (LO) dan tim pemenangan kedua paslon serta perwakilan partai politik (parpol) pengusung kedua bapaslon.

Bapaslon Ipuk-H Sugirah dan Mas Yusuf- Gus Riza beberapa waktu lalu menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Secara umum tim dokter yang melakukan tes menyatakan kedua bapaslon negatif covid-19.