Masker scuba dan Masker Medis / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Masker scuba dan Masker Medis / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Pedagang masker jenis Scuba maupun Buff di wilayah Tulungagung mulai terdampak seiring mencuatnya kabar adanya larangan penggunaan kedua jenis masker tersebut. Meski hingga saat ini Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo tidak melarang pemakaian masker scuba dan buff di daerahnya. 

Dampak adanya penurunan penjualan pada kedua jenis masker itu, dirasakan penjual masker Online. "Jadi sepi, bahkan berkurang banyak penjualan scuba," kata Risna, yang biasa menjajakan masker melalui media sosial, Minggu (20/09/2020). 

Baca Juga : Lonjakan Tertinggi Selama Pandemi Covid-19 di Kota Batu Mencapai 37 Pasien dalam Sehari

Risna menduga, sepinya pesanan dan penjualan masker dikarenakan adanya informasi jika masker scuba tidak efektif dan tidak aman dari penularan Covid-19. "Beberapa pelanggan malah sudah menanyakan apa tersedia masker kain lapis tiga, ada yang menanyakan harga dan ketersediaan masker medis," paparnya.

Jika masker kain tiga lapis, Risna mulai memesan pada produsen rumahan yang biasa membuat masker. Namun, dirinya masih menunggu bentuk masker yang mungkin akan trend digunakan masyarakat. "Kan sama seperti baju, masker juga ada model dan motifnya. Kita menunggu itu," jelasnya.

Untuk pelanggan yang menanyakan masker medis, Risna menyarankan agar membelinya di apotek. Pasalnya, harga masker medis pada saat awal adanya pandemi Covid-19 sempat melambung tinggi. "Penjual masker pernah jadi bahan bullyan karena masker langka dan harganya meningkat hingga 300 persen bahkan lebih. Saya memilih tidak melayani itu sebelum benar-benar masyarakat meyakini informasi yang didapat," jelasnya.

Seperti diketahui, penggunaan masker scuba dan buff beberapa hari ini menjadi perbincangan publik setelah sebelumnya ada imbauan agar tidak menggunakannya.

Baca Juga : Kabar Baik! Kamu Bisa Buat Masker Tidak Sesak dengan Alat Terbaru Ini

Meski masih menuai pro dan kontra, dampak larangan itu sudah menjadi konsumsi masyarakat dan masker scuba dan buff mulai ditinggalkan dan kembali ke masker medis atau masker tiga lapis untuk antisipasi diri dari penularan Covid-19 yang masih tinggi.