De Anwar saat menemui kelompok tani di desa Kumpulrejo, Parengan.
De Anwar saat menemui kelompok tani di desa Kumpulrejo, Parengan.

Masalah pertanian sangatlah kompleks, khususnya langkanya pupuk dan kurangnya air karena bantaran sungai kening.

Persoalan itu yang Senin (21/09/2020) hari ini dibahas salah satu calon wakil kepala daerah Kabupaten Tuban H Muhammad Anwar. Calon yang diusung PKB dan didukung Nasdem, Hanura, dan Gelora  itu menyosialisasikan salah satu program terkait pertanian.

Baca Juga : Sosialisasi Eri-Armuji di Pakal Diwarnai Kerumunan Massa hingga Dijemput Petugas Covid-19

"Penataan dan pembagian pupuk tidak serta merta masalah distribusi, namun juga manajemen. Mulai pendataan sampai pengiriman. Maka dirasa perlu adanya pembenahan administrasi dan pengawalan regulasi sampai ke  pupuk tersebut ke petani," kata  Anwar.

Hal itu disampaikan Anwar saat safari ke Desa Brangkal dan desa Kumpulrejo di  Kecamatan Parengan, Tuban.

Dalam acara itu, Abdul Wahab, anggota paguyuban kelompok tani, menyampaikan aspirasinya terkait harapan petani tentang kemudahan memperoleh pupuk.

“Kami sangat sulit mendapatkan pupuk di masa tanam. Dan jika masa panen, harganya pasti anjlok. Belum lagi persyaratan memperoleh pupuk ialah kartu tani. Sedangkan untuk kartu tani, tidak semua petani mendapatkan kartu tersebut. Seolah-olah petani belum merdeka dengan adanya kendala urusan pupuk,” kata Wahab.

Menjawab masalah itu, Anwar menyampaikan bahwa  pertanian merupakan masalah bersama. Jadi, semua pihak sedianya membantu lancarnya pupuk ke petani. 

Baca Juga : Terdepak dari Waketum Gerindra karena Perbedaan dengan Prabowo, Ini yang Dilakukan Poyuono

Tak lupa, Anwar menjanjikan, jika terpilih, pemerintahnya nanti juga akan membenahi regulasi demi lancarnya pupuk. “De Anwar sahabat petani  bukan sekedar jargon, namun merupakan keberpihakan dari pasangan Ana-Anwar  kepada para petani. Termasuk kami akan memfasilitasi pengadaan sumber air yang dibutuhkan masyarakat, baik untuk sumber air minum dan kebutuhan sehari-hari atau pun pertanian. Tujuannya agar para petani tidak hanya mengandalkan air hujan untuk proses pertanian karena air adalah sumber kehidupan," tandas Anwar.