Pengurus Partai PKPI Surabaya
Pengurus Partai PKPI Surabaya

SURABAYATIMES - Meski sebelumnya sudah mendeklarasikan mendukung jago PDI-P Eri Cahyadi-Armuji, 
Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang tergabung dalam partai nonparlemen atau Koalisi Membangun Surabaya (KMS), disebut- sebut bakal mengikuti jejak Partai Perindo balik arah mendukung paslon Machfud Arifin -Mujiaman dalam Pilkada Surabaya 2020.

Bahkan, usai menghadiri deklarasi DPD Partai Perindo Kota Surabaya mendukung Machfud Arifin-Mujiaman di Hotel Mercure, Minggu (20/9/2020) malam, Machfud Arifin secara blak-blakan mengatakan kalau sebentar lagi kemungkinan PKPI akan memberikan dukungan. "Terlalu kecil kalau sembilan partai. Partai relawan, partai yang belum terwujud. Ya, sebentar lagi mungkin PKPI akan bergabung, " ujar Machfud Arifin.

Lantas bagaimana tanggapan PKPI? Ketua DPK PKPI Surabaya Edy Suyanto ketika dikonfirmasi mengaku belum tahu. 
"Saya belum tahu Mas. Saya baru dengar kabar itu, " ujar dia, Selasa (22/9/2020).

Menurut dia, DPK memang diberi kewenangan untuk memilih siapa pasangan calon yang akan didukungnya. Dan, DPK PKPI Kota Surabaya yang tergabung dalam koalisi partai nonparlemen atau Koalisi Membangun Surabaya (KMS) sebelumnya telah deklarasi mendukung Eri Cahyadi-Armuji. Bahkan, Dewan Pimpinan Nasion (DPN) PKPI sempat memberi apresiasi saat memutuskan dukungan ke Eri Cahyadi-Armuji.

Namun hingga saat ini Edy Suyanto mengaku belum pernah bertemu dengan Eri Cahyadi- Armuji untuk membicarakan dukungan atau program. Bahkan, oleh koordinator KMS Edy Rahmat, PKPI Surabaya akan dijadwalkan bertemu dengan pasangan Eri Cahyadi- Armuji.

"Iya nanti Pak Edi Rahmat yang menjadwalkan pertemuan dengan Pak Eri-Armuji. Tapi sejauh ini belum ada instruksi dari DPP maupun DPN untuk mendukung calon lain,"ujar dia.

Sementara Koordinator KMS, Edi Rahmat menjelaskan, jika dirinya akan menjadwalkan pertemuan pengurus PKPI dengan paslon Eri Cahyadi- Armuji." Pertemuan kita jadwalkan Minggu ini. Pak Eri dan Armuji sangat sibuk sekali," pungkas dia.

Sebelumnya, Partai Perindo Surabaya yang semula mendukung Eri Cahyadi-Armuji, justru balik arah mendukung Machfud Arifin-Mujiaman. Pasangan ini sebelumnya telah didukung delapan parpol, yakni PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, PAN, Partai NasDem, dan PPP akan memasukkan parpol nonparlemen yang baru bergabung sebagai bagian dari "Super Team" pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman.