Komisioner KPU Banyuwangi Saat Melakukan Jumpa Pers di Kantor KPU Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Komisioner KPU Banyuwangi Saat Melakukan Jumpa Pers di Kantor KPU Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Setelah melalui tahapan penerimaan dan verifikasi berkas syarat pendaftaran calon, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, menetapkan dua bakal pasangan calon (Bapaslon) menjadi Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada Pilkada serentak Tahun 2020 melalui rapat pleno di kantor KPU Banyuwangi, Rabu (23/9).

Menurut Dwi Anggraeni Rachman, KPU menyatakan dua Bapaslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas – H. Sugirah (Ipuk-H Sugirah) dan H. Yusuf Widyatmoko – KH Mohammad Riza Aziziy (Mas Yusuf – Gus Riza) memenuhi syarat untuk menjadi Paslon Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi setelah sebelumnya melakukan perbaikan berkas dalam proses verifikasi administrasi persyaratan Bapaslon.

Baca Juga : Polemik Hasil Swab Bapaslon Perseorangan, KPU Ungkap Alasan Keluarkan Siaran Pers

Dwi Anggraini, Ketua KPU Banyuwangi dalam jumpa pers kepada sejumlah wartawan mengungkapkan, penetapan tersebut tertera dalam Surat Keputusan (SK) KPU Kabupaten Banyuwangi Nomor 362/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan H. Sugirah (Ipuk-H Sugirah) sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi.

"Sedangkan untuk penetapan H. Yusuf Widyatmoko dan KH. Muhammad Riza Aziziy (Mas Yusuf-Gus Riza) sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020, tertera dalam SK KPU Kabupaten Banyuwangi Nomor 363/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020,” kata Dwi Anggraini, Rabu (23/9/2020).

Dalam acara jumpa pers tersebut terlihat Liasion Official (LO) atau nara hubung ke-dua Paslon (Ipuk-H Sugirah) dan (Mas Yusuf-Gus Riza) di kantor KPU Banyuwangi.

Selanjutnya Ari Mustofa, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi menambahkan sesuai agenda dan jadwal yang telah ditetapkan, tahapan berikutnya adalah pengundian nomor urut dua pasangan calon akan dilaksanakan di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi, Kamis (24/9) mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Baca Juga : Bawaslu Minta KPU dan Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi Patuhi Protokol Kesehatan

“Sesuai Per KPU yang terbaru kami melakukan pembatasan jumlah orang yang masuk sesuai dengan protokol kesehatan. KPU hanya mengundang Paslon, tim LO satu orang, tim dari masing-masing Parpol pengusung paslon hanya dua orang yakni ketua dan sekretaris Parpol. Sedangkan bagi mass media yang melakukan peliputan kami menyiapkan ID Card yang jumlahnya juga terbatas,” jelas Ari.