Rijanto dan Mak Rini
Rijanto dan Mak Rini

Pilkada di Kabupaten Blitar diprediksi bakal berjalan seru. Prediksi ini setelah pilkada bakal mempertemukan dua pasangan calon yang akan bertarung secara head to head. 

Kepastian ini setelah Komisi Pemilihan Umum di Kabupaten Blitar melaksanakan pleno penetapan pasangan calon pada Rabu (23/9/2020). 

Baca Juga : Mahfud MD Beberkan 4 Alasan Presiden Jokowi Tidak Tunda Pilkada 2020!

Dua paslon yang ditetapkan adalah Rijanto-Marhaenis Urip Widodo dan Rini Syarifah (Mak Rini)- Rahmat Santoso (Makdhe Rahmat). Penetapan pasangan calon dilaksanakan secara tertutup. Selain itu untuk pengamanan, kepolisian bahkan harus menutup ruas jalan sekitaran kantor KPU Kabupaten Blitar sejauh 6 kilometer. 

“Alhamdulilah paslon untuk Pilkada Kabupaten Blitar telah ditetapkan. Ada 2 paslon yakni Rijanto-Marhaenis dan Rini Syarifah-Rahmat Santoso,” terang Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso. 

Dikatakannya, untuk penetapan paslon ini pihaknya  menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Masing-masing tim pemenangan pasangan calon yang diundang hanya enam orang. Ditambah undangan lain, yang berhubungan dengan penyelenggaraan seperti KPU, Bawaslu dan kepolisian.

“Yang kita undang hanya enam orang dari tim pemenangan serta pihak terkait. Jadi di dalam ruangan hanya ada 20 sampai 25 orang," jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Minta KPU dan Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi Patuhi Protokol Kesehatan

Tahapan selanjutnya, KPU Kabupaten Blitar bakal melaksanakan pengundian nomor urut paslon secara terbuka. Namun demikian peserta yang hadir dibatasi hanya 50 orang saja. 

“Untuk pengundian nomor urut, setiap Paslon boleh didampingi tim pemenangan maksimal 15 orang, ditambah undangan penyelenggara dan media. Upaya ini kami lakukan semata-mata  untuk menerapkan Prokes dalam setiap tahapan Pilkada untuk mencegah penyebaran Covid-19,"  pungkasnya.