Pelaku usaha tanaman Kota Batu Lily Indayani saat menunjukkan tanaman monstera di stannya di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pelaku usaha tanaman Kota Batu Lily Indayani saat menunjukkan tanaman monstera di stannya di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Di tengah pandemi covid-19, merawat tanaman menjadi hobi baru bagi sebagaian masyarakat. Karena itu,  banyak orang berburu tanaman yang sedang tren. 

Salah satu tanaman yang banyak diburu yakni monstera yang memang jadi tren sekarang. Tanaman ini menarik pembeli lantaran lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari dan memikat. Dan tanaman hias ini populer sebagai penghias ruangan.  

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Omzet Penjual Ikan Cupang Naik 50 Persen

Pelaku usaha tanaman Kota Batu Lily Indayani mengatakan, monstera memiliki harga fantastis karena memang di Indonesia masih tren. “Tanaman ini sedang tren di Indonesia. Karena tren ini, mengangkat harga jualnya,” ungkapnya, Minggu (27/9/2020).

Jenis minstera pun beragam. Mulai dari monstera andansonii variegata, monstera deliciosa, dan monstera variegata.

Untuk harganya jangan kaget. Satu pot saja bisa mencapai puluahan juta. Misalnya untuk satu pot yang memiliki 4 daun, harganya bisa sampai Rp 15 juta. 

“Untuk yang dua daun, satu pot itu harga Rp 4 juta. Per daun biasanya dijual seharga Rp 3 juta,” tambahnya saat ditemui di stan bunga miliknya di Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. 

Pembelinya pun bukan hanya lokal Batu atau Malang Raya. Tetapi, peminat monstera hingga kawasan Surabaya, Jakarta, Kalimantan, dan daerah lainnya.

Selama pandemi ini, lantaran antusias masyarakat tinggi, Lily bisa menjual ratusan tanaman monstera. 

Baca Juga : Dipanen Sebelum Waktunya Karena Hujan, Petani Tembakau Tulungagung Merugi

Menurut dia, bukan hanya monstera yang harganya melambung.  Saat ini segala jenis tanaman memiliki harga yang cukup fantastis. Itu karena, pada masa pandemi covid-19, banyak berlaku work from home (kerja dari tumah). Sehingga banyak masyarakat juga menyibukkan diri dengan mendekorasi rumah dengan tanaman 

“Harga tanaman semua rata-rata naik, karena WFH ini sepertinya juga dimanfaatkan dengan mendekorasi rumah dan merawat tanaman,” kata ibu satu anak ini.