Lily saat membawa kaktus koboi berdampingan dengan kaktus monstroses di standnya Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Lily saat membawa kaktus koboi berdampingan dengan kaktus monstroses di standnya Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Bukan hanya tanaman monstera saja yang memikat hati para peminat tanaman, namun tanaman kaktus pun masih menjadi tren saat ini. Harganya pun dibandrol hingga jutaan rupiah.

Kaktus Koboi atau nama latinnya cereus peruvianus sedang trend di dunia pertanaman khususnya home dekor. Bentuknya yang simple memanjang dan bercabang menjadi buruan para pecinta tanaman.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Omzet Penjual Ikan Cupang Naik 50 Persen

Karena jadi incaran masyarakat inilah yang membuat tanaman ini mendadak jadi idola. Membuat harganya pun melonjak, bahkan dihitung per centimeter Rp 1.500. 

“Kaktus koboi dihitungnya per centimeter Rp 1.500. Biasanya saya jual itu ada yang sampai Rp 3 juta,” kata pelaku usaha tanaman Kota Batu Lily Indayani.

Biasanya Lily menjual kaktus koboi itu mulai dari ukuran 50 centimeter hingga 7 meter. Pemesan kaktus ini pun sudah bukan lokal daerah saja, melainkan sudah dari berbagai daerah di Jawa hingga luar Jawa.

Selain kaktus koboi, di jenis yang sama yakni Gymnocalycium mihanovichii. Kaktus yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki beragam warna-warni yang cukup terang. Kaktus gymno ini memiliki beberapa warna, mulai dari merah, kuning, dan merah muda. Harganya Rp 75 ribu hingga Rp 500 ribu per potnya.  Jenis kaktus ini lebih mini daripada kaktus koboi. 

Baca Juga : Olah Limbah Kayu, BUMN Indah Karya Tambah Daftar Ekspor

Jenis lainnya adalah kaktus monstroses. Kaktus ini memiliki bentuk yang panjang seperti koboi, tetapi teksturnya bergelombang. Harga yang ditawarkan yakni Rp 200 ribu hingga puluhan juta rupiah. 

“Kaktus-kaktus ini menjadi tren khususnya di dunia home dekor. Karena perawatannya yang mudah, minimalis, dan cocok di suhu panas. Apalagi perawatannya hanya perlu disiram satu bulan sekali,” tutupnya.